Surabaya,(bisnissurabaya.com) – Ratusan personel Bintara Pembina Desa (Babinsa), mulai memasuki tahap uji kemampuan sebagai aparatur teritorial dalam menjalankan tugas dan kewajibannya sehari-hari. Kepala Seksi Personel (Kasi Pers) Korem, Letnan Kolonel Arm Sugeng, mengatakan, kegiatan yang rencananya akan berlangsung pada 13 – 15 Februari ini, merupakan salah satu cara untuk mengetahui tingkat kemampuan seluruh Babinsa di wilayah Korem.

“Sampai saat ini, masih banyak kalangan yang belum sepenuhnya memahami tentang peran Teritorial TNI,” kata Kasi Pers Korem melalui kegiatan komunikasi sosial yang berlangsung di aula Makorem, Selasa (13/2) kemarin. Ia menilai, selain berguna untuk mengetahui setiap perkembangan wilayah, aparat teritorial TNI juga memiliki peran yang sangat penting dalam mendekatkan diri kepada warga, maupun masyarakat yang berada di wilayah tugasnya.

“Saking banyaknya persepsi, sampai timbul istilah nge-ter. Inilah salah satu persepsi yang salah. Ter itu, memiliki arti yang sangat relevan sesuai tupoksi TNI, yang artinya mendekatkan diri, baik ke masyarakat maupun wilayah tugasnya,” jelasnya. Karena itu, kata dia, salah satu langkah dalam menghindari persepsi buruk, maupun negatif di masyarakat.

Dia menghimbau seluruh aparatur teritorial TNI di wilayah tugasnya, untuk lebih meningkatkan sosialisasi, sekaligus kinerja sebagai salah satu ujung tombak ke wilayahan. “Lakukan pendekatan secara dialogis, humanis dan yang terpenting ialah, hargai setiap kultur wilayah. Itu, merupakan modal terpenting dalam pelaksanaan Binter dan Komsos,” pintanya.

“Apalagi, sebentar lagi Jawa Timur (Jatim) memasuki musim Pilkada. Seluruh aparat teritorial, harus berperan aktif,” imbuhnya. (lely/bw)