Surabaya, (bisnissurabaya.com) – Menghindari penyekatan di atas Jembatan Suramadu arah Surabaya, ratusan pengendara roda dua nekat putar balik melawan arus, hingga menyebabkan kemacetan cukup panjang. Peristiwa ini terekam dalam video amatir warga yang juga sedang melintas di atas Jembatan Suramadu di jalur roda dua. Video ini pun kemudian viral disosial media pada kamis (10/6). Petugas-pun menindak tegas, dengan menilang 27 orang pengendara.

Sebuah video menunjukkan ratusan pengendara roda dua melawan arus guna menghindari pemeriksaan petugas di pos penyekatan Suramadu sisi Surabaya. Video yang direkam warga ini menunjukkan antrian panjang kendaraan roda dua yang kemudian macet akibat beberapa kendaraan roda dua putar balik melawan arus dari arah Bangkalan menuju Surabaya di jalur roda dua.

Kasat Lantas Polres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, AKP Eko Adi Wibowo, mengatakan, peritiwa antrian panjang pengendara roda dua di jalur roda dua di Jembatan Suramadu ini terjadi pukul 06.00 WIB. Beberapa pengendara melawan arus, yang akhirnya membuat kemacetan panjang di atas Jembatan Suramadu di jalur roda dua.

Diketahui, para pengendara roda dua ini menghindari penyekatan petugas yang berada di sisi Surabaya. Peristiwa kemacetan panjang ini kemudian bisa ditangani Satlantas Polres Pelabuhan Tanjung Perak dengan menertibkan pengendara untuk tetap jalan menuju arah Kota Surabaya serta memberlakukan sanksi tilang kepada pengendara yang diketahui melanggar lalu lintas.

“Setelah dilakukan pemeriksaan surat kelengkapan, petugas-pun menindak tegas, dengan menilang 27 orang pengendara,” kata Kasatlantas Polres Pelabuhan Tanjung Perak, AKP Eko Adi Wibowo, di Surabaya Kamis (10/6).

Akibat peristiwa ini Polres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya mengantisipasi dengan menambah personil guna mengantur arus lalu lintas serta menutup beberapa jalur yang dirusak pengendara untuk melawan arus dengan menggunakan kawat berduri dan bariier.

Selain itu, juga berkordinasi dengan Satlantas Polres Bangkalan untuk menertibkan para pengendara nakal. (irwanda/stv)