Surabaya, (bisnissurabaya.com)- Menteri Kesehatan/Menkes, Budi Gunadi Sadikin, meminta warga tidak takut menjalani SWAB tes. Sebab, langkah ini cukup bermanfaat mengantisipasi penularan Covid. Menurut dia, dengan SWAB tes, pemerintah dengan cepat mengambil langkah jika ditemukan ledakan kasus Covid.

“Warga jangan takut dilakuan tes SWAB di tempat. Ini guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” kata Menkes disela mengunjungi lokasi tes SWAB antigen di pintu masuk Jembatan Suramadu sisi Surabaya, Rabu (9/6).

Menkes menambahkan, jika warga kompak mau menjalani SWAB tes, penularan Covid bisa dideteksi sejak dini. Pasalnya, begitu kedapatan reaktif, yang bersangkutan langsung menjalani isolasi hingga perawatan.

Sehingga, tak sampai menular ke lainnya. Menkes memberikan perhatian SWAB tes ini mengaca pada ledakan kasus Covid di Kabupaten Bangkalan, Madura. Dijelaskan, SWAB tes menjadi cara jitu menekan penyebaran Covid yang lebih besar. Karena itu, warga diajak tidak takut ketika menjalani SWAB tes di sisi Jembatan Suramadu.

Diberitakan, ledakan kasus Covid terjadi di Kabupaten Bangkalan beberapa minggu terakhir. Kondisi ini diyakini akibat kendornya pelaksaan prokes di daerah tersebut. Lalu, datangnya pekerja migran Indonesia/PMI ke daerah tersebut.

Pemprov Jatim dan Pemkot Surabaya dibantu TNI/Polri memberlakukan SWAB test kepada pengguna jalan yang melintasi Jembatan Suramadu di sisi Surabaya. (bw)