Surabaya, (bisnissurabaya.com) РMemanfaatkan waktu luang di rumah di tengah pandemi covid-19, seorang warga, melakukan kegiatan daur ulang sampah menjadi kerajinan tas serta ornamen rumah. Salah satunya koran bekas. Beragam tas cantik dan unik dibuat dan memiliki nilai jual.

Beginilah yang dilakukan Sunaryadi, di tengah pandemi memanfaatkan waktu luang disela pekerjaannya dengan membuat beragam kreasi tas dan ornamen unik hanya dengan memanfaatkan sampah yang didaur ulang.

Salah satunya dengan memanfaatkan koran bekas. Di tangan warga Jalan Simo Kalangan Gang 1 Surabaya ini, barang tak berharga disulap menjadi beragam tas cantik dan unik. Diantaranya tas wanita, toples hingga penghias lampu yang dapat mempercantik rumah.

Sunaryadi, mengaku, ide memanfaatkan koran bekas dilakukan karena kerap melihat koran yang berserakan di rumah yang biasanya hanya terpakai untuk pembungkus makanan. Sehingga, terpikir untuk mencurahkan ide kreatifnya dengan menyulap kertas tak terpakai menjadi barang bernilai jual.

“Satu hasil karya ini di pasaran dijual sekitar Rp 40.000 hingga Rp 150.000 bergantung tingkat kesulitan dalam proses dan teknik pembuatannya,” kata Sunaryadi, di Surabaya Selasa (25/5). Meski hanya sebatas memanfaatkan waktu disela pekerjaan sebagai karyawan swasta, hasil karya yang ia buat ini kerap digunakan untuk berbagai kegiatan di lingkungan kampung. Terutama saat menggelar kegiatan atau mengikuti lomba antar kampung. (farid/stv)