Banyuwangi, (bisnissurabaya.com) – Para santri dari luar Banyuwangi, Jawa Timur yang akan kembali ke kabupaten ini tidak perlu khawatir terkait protokol kesehatan. Pemkab setempat memberikan layanan swab antigen gratis bagi para santri yang akan kembali ke pondok pesantren/ponpes masing-masing.

Syaratnya, membawa KTP atau kartu keluarga serta kartu santri ke Puskesmas terdekat.“Ini adalah bentuk pelayanan kepada santri, sekaligus ikhtiar kita bersama untuk memastikan para santri dalam kondisi sehat di masa pandemi Covid-19,” kata Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani, Rabu (19/5).

Layanan SWAB gratis ini, lanjut dia, berlaku mulai Kamis (20/5) pagi. Pihaknya melalui Dinas Kesehatan sudah menginstruksikan seluruh Kepala Puskemas untuk memfasilitasi para santri. “Fasilitas ini kami utamakan untuk santri dari keluarga kurang mampu,” imbuh Ipuk.

Ipuk mengingatkan bahwa masa berlaku SWAB antigen adalah 3 hari. Sehingga, para santri diminta menyesuaikan jadwal balik ke ponpesnya masing-masing. “Kan memang beda-beda jadwalnya. Jadi mohon disesuaikan dengan jadwal pondok masing-masing,” jelas Ipuk.

Orang nomor satu ini tetap berpesan tetap menerapkan protokol kesehatan selama masuk ponpes. Sehingga, proses pembelajaran bisa tetap berjalan dengan baik. (wir)