Sidoarjo, (bisnissurabaya.com) – Sebagai upaya memenuhi kebutuhan pangan di saat pandemi covid-19, warga di Sidoarjo mendirikan papan sedekah. Bukan sekedar papan, namun, papan sedekah ini berisikan lauk pauk, kebutuhan pokok. Seperti, beras, cabai, tomat dsb-nya yang bisa diambil warga secara gratis.

Dengan adanya papan sedekah ini, diharapkan, mampu membangkitkan semangat warga di tengah pandemi dan berbagi kepada sesama. Papan sedekah ini berada di Desa Kepunten Tulangan Sidoarjo. Sejak pagi, sejumlah emak-emak yang tergabung dalam PKK desa setempat menyediakan kebutuhan pokok.

Seperti beras, mi, daging, tahu, tempe, lauk pauk dan sejumlah sayur mayur yang dibungkus plastik dan ditaruh di papan dan pos kamling. Setelah terbungkus plastik dan dipasang di sebuah tempat yang terbuat dari papan dan kayu bertuliskan kasih seikhlasnya – ambil seperlunya, warga setempat langsung menyerbu dan mengabilnya untuk dimasak dan digunakan bersama keluarganya.

‘’Papan sedekah ini sengaja didirikan guna memenuhi kebutuhan sehari-hari warga selama kondisi pandemi covid-19. Terlebih lagi, di masa pandemi saat ini supaya warga mau berbagi kepada sesame, sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama yang membutuhkan agar terjalin kerukunan dan kekompakan antar warga sekitar,’’ kata Penggagas Papan Sedekah Umaryati, di Sidoarjo Minggu (15/5).

Dengan tetap mematuhi protokol kesehatan/prokes, memakai masker dan menjaga jarak, warga mengaku senang dengan adanya papan sedekah ini. Karena, kebutuhan sehari-harinya terpenuhi tanpa mengeluarkan uang sepeserpun.

Yanti, warga setempat berharap, papan sedekah ini terus dilestarikan, karena pandemi belum berakhir. Sehingga, kebutuhan warga terpenuhi. (bw)