Surabaya, (bisnissurabaya.com) – Makanan lebaran biasanya identik dengan ketupat atau opor ayam. Namun, berbeda di kampung Semolowaru Elok Surabaya. Di kampung ini, untuk merayakan lebaran, menyajikan menu unik. Yakni, ayam bakar madu, untuk penambah stamina.

Umat Muslim telah merayakan Idul Fitri. Ramadan dan lebaran tahun ini memang sedikit berbeda. Karena masyarakat harus melaluinya di tengah pandemi covid-19. Sehingga, berbagai kegiatan yang biasanya dilakukan harus ditunda dulu tahun ini.

Seperti mudik lebaran. Namun, warga Semolowaru Elok Surabaya memiliki cara unik untuk merayakannya dan juga serasa bak di kampung halaman. Misalnya, dengan menyantap ayam bakar madu yang memiliki cita rasa lezat.

Untuk mendapatkan olahan ayam bakar madu yang lezat untuk disantap, saat lebaran ini, ayam bakar terlebih dahulu dilumuri dengan bumbu bali hingga merata. Kemudian, ayam yang sudah diberi bumbu tersebut, dibakar dan diolesi dengan madu.

Olahan tersebut, teksturnya tidak berbeda jauh dengan ayam bakar pada umumnya. Menu ayam bakar madu ini, cocok dihidangkan di rumah saat adanya larangan mudik.

Seperti Andrianto, salah satu warga Semolowaru Elok Surabaya, yang tak bisa mudik dan hanya bisa bersilaturahmi ke tetangga dengan menikmati menu ayam bakar madu mengatakan, meski sudah pernah makan ayam bakar, namun, menu ini berbeda.

“Karena, tekstur ayamnya yang empuk dan aroma madunya sangat terasa, serta ayam bakar madu ini, diyakini dapat menambah stamina setelah satu bulan berpuasa,” kata Andrianto, di Surabaya Sabtu (15/5).

Sementara itu, Riko Hardiansyah, pembuat ayam bakar madu ini, menyatakan, membuat olahan tersebut, terinspirasi dari menu lebaran yang identik dengan ketupat atau opor. Sehingga, pembuat memberikan makanan yang berbeda.

Namun, dengan cita rasa lezat, dan dapat menambah stamina tubuh setelah satu bulan berpuasa.

Nah….., lezat dan nikmat bukan menu olahan ayam bakar madu tersebut. Karena adanya larangan mudik bagi warga Indonesia ke kampung halamannya. Anda sendiri pun bisa membuatnya di rumah saat liburan lebaran ini bersama keluarga dan tetangga sekitar. (stady/stv)