Surabaya, (bisnissurabaya.com) – Ada-ada saja cara masyarakat membantu penderita corona. Karena itu, menjelang lebaran ini, para siswa dan guru di salah satu sekolah Islam di Surabaya mempunyai cara sendiri untuk berbagi kebahagiaan.

Mereka membagikan zakat dan bantuan sosial kepada warga di sekitar sekolah, yang terdampak pandemi covid-19. Menariknya, para siswa dan guru ini harus membongkar celengan selama tiga bulan teakhir untuk membeli sembako.

Dengan menggunakan gerobak, para siswa dan guru madrasah Ibtidahiyah Muhammadiyah 5 Surabaya mengangkut beras zakat dan sembako untuk warga yang tidak mampu dan terdampak pandemi covid-19.

Para siswa, mendorong gerobak mengangkut sembako untuk keliling kampung yang ada di sekitar sekolah mereka. Satu per satu rumah warga diketuk dan diberi bantuan sembako. Salah seorang warga mengaku senang dan terbantu dengan pemberian tersebut.

Menariknya, beras zakat dan sembako yang diberikan kepada warga ini dibeli dari hasil celengan para siswa dan guru selama tiga bulan terakhir. “Ratusan celengan siswa dan guru dikumpulkan dan dipecahkan untuk membeli keperluan bansos dan zakat,” kata Kepala Sekolah MI Muhammadyah 5 Surabaya, Umi Sarofah, di Surabaya Selasa (11/5).

Tak hanya memberikan zakat dan bantuan sosial kepada warga di sekitar sekolah yang terdampak pandemi, namun, pihak sekolah juga memberi santunan kepada anak-anak yatim piatu dan voucher gratis SPP kepada sejumlah siswa yang yatim piatu. (bw)