Surabaya, (bisnissurabaya.com) – Sejumlah Pekerja Migran Indonesia/PMI asal Jombang, Trenggalek dan Sidoarjo Sabtu (8/5) dijemput untuk kembali ke kota asalnya, setelah menjalani karantina dua hari di Asrama Haji Surabaya.

Kepala Bidang Kehumasan dan Komunikasi Publik Dinas Kominfo Kabupaten Jombang, Aries Yuswantono, selaku petugas penjemput PMI, mengatakan, hingga hari ini, pihaknya sudah menjemput 45 PMI dari daerahnya. Mereka antara lain merupakan PMI yang datang dari Malaysia, Hongkong, dan Singapura.

Menurut Aris, setelah dilakukan penjemputan di Asrama Haji, para PMI ini masih harus kembali karantina lagi saat sampai di kotanya. Di Jombang, karantina akan dilakukan selama tiga hari yang di tempatkan di puskesmas yang ditunjuk oleh Pemkab Jombang.

Sementara itu, dari Sidoarjo, telah melakukan penjemputan kepada 1 orang PMI asal Hongkong yang datang pada 6 Mei lalu.

Kepala Seksi Manajeman Transportasi Darat Dinas Perhubungan Sidoarjo, Dwi Thahjo Mardi Sunu, mengatakan, hingga hari ini total PMI asal Sidoarho yang sudah dijemput sebanyak 18 orang. “Alhamdulillah mereka sehat semua, nanti sampai Sidoarjo dikarantina lagi selama 3 hari di sebuah hotel,” ujarnya.

Untuk PMI asal Trenggalek, dipulangkan sebanyak tiga orang.
Tresna Ningsih, PMI karantina yang pulang dari Hongkong, mengatakan, ia terpaksa tidak bisa bertemu langsung dengan keluarga, karena harus mengikuti anjuran dari pemerintah. Dia mengaku, sudah 10 tahun di Hongkong, dan tahun ini adalah kepulangannya yang kelima. (bw)