Surabaya, (bisnissurabaya.com) – Pekerja Migran Indonesia/PMI semakin banyak yang kembali ke tanah air. Di Bandara Internasional Juanda Sidoarjo, hari ini, Jumat (7/5) ada dua pesawat yang datang membawa PMI asal Singapura dan Malaysia.

Dari data yang dihimpun dari Posko TNI di Asrama Haji Sukolilo Surabaya, kedatangan penerbangan pertama 7 Mei yakni Scoot Tiger Air (TR262) asal Singapura. Penerbangan itu membawa 65 orang dengan rincian 61 WNI dan empat WNA.

Dari 65 orang yang tiba dari Singapura, sebanyak 55 orang dikarantina di Asrama Haji Sukolilo Surabaya. Sedangkan 10 orang lainnya karantina mandiri di hotel. Diantaranya Hotel Shangrila tiga orang, Premiere Place satu orang, Ibis Jemursari satu orang, Ibis Juanda dua orang, Harris Satelit satu orang, dan Holiday Inn dua orang.

Untuk laporan kedatangan penerbangan kedua di Bandara Juanda, yakni Air Asia (QZ321) asal Kuala Lumpur, Malaysia. Total penumpang yang tiba di Surabaya sebanyak 162 orang dan keseluruhannya WNI dan dikarantina di Asrama Haji Surabaya.

Dijadwalkan untuk hari ini akan ada dua kali penerbangan lagi yang akan tiba di Bandara Juanda. Penerbangan ketiga yang akan tiba yakni Cathay Pacific CX2779 (A330) dari Hongkong dengan membawa 279 orang.

Penerbangan keempat yang akan tiba di Bandara Juanda, yakni Air Asia QZ325 (A320) dari Kuala Lumpur Malaysia dengan membawa 180 orang. Hingga saat ini, informasi kapan pesawat dari Hongkong dan Malaysia belum ada keterangan lebih lanjut.

“Hari ini memang ada empat kedatangan. Sudah ada dua yang tiba dari Singapura dan Malaysia. Dua lagi belum dari Hongkong dan Malaysia. Kami dari Pospam Terpadu di Asrama Haji hanya mendata dan membantu pengamanan kedatangan dan keberangkatan PMI yang akan kembali ke daerah asalnya,” kata Kepala Staf Kodim 0831/Surabaya Timur, Letkol Chusni C saat berjaga di pos masuk Asrama Haji. (bw)