Jembatan Ploso Lama Rentan Dilintasi, Pemerintah Siapkan Jalur Alternatif Kendaraan Berat

16

Surabaya, (bisnissurabaya.com) – Jalur alternatif bagi kendaraan bermuatan berat (kendaraan kelas jalan I dan II), yang hendak melintasi Jembatan Ploso Lama di Jombang diapkan. “Jadi, mulai 6 Mei, kendaraan berat tidak diperbolehkan melintasi Jembatan Ploso Lama. Jadi, hanya kendaraan kelas III dan selebihnya yang boleh lewat. Kami akan siapkan sejumlah jalur alternatif yang dapat dilalui oleh kendaraan berat,” kata Kepala Unit Pelaksana Teknis Pengelolaan Jalan dan Jembatan (UPT PJJ) Mojokerto Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Bina Marga Jatim, Tutuk Suryojatmiko, Kamis (5/5).

Adapun jalur alternatif yang disiapkan tersebut diantaranya adalah bagi kendaraan besar dari arah Babat yang akan menuju ke Jombang, lanjut Tutuk, akan dialihkan dari simpang 4 Kabuh lurus ke jalan raya Tapen-Kabuh-jalan raya Kudu ke jalan raya Gedek masuk pintu tol Gedek keluar pintu tol Tembelang.

“Sedangkan untuk kendaraan besar dari Jombang yang akan menuju ke Lamongan atau Bojonegoro dialihkan menuju pintu tol Tembelang keluar pintu tol Gedek. Ke jalan raya Gedek lurus ke jalan raya Kudu dan simpang 3 Tapen keluar di simpang 4 Kabuh, terus menuju Babat,” katanya.

Menurut dia, jalur-jalur alternatif itu disiapkan karena kondisi jembatan Ploso Lama itu cukup rentan dilintasi oleh kendaraan berat, karena lengkungan jembatan atau chamber¬-nya sudah ada yang flat di bentang 50, yang disebabkan oleh seringnya kendaraan berat seperti truk besar dan tronton melintasi jembatan ini.

Dijelaskannya, Jembatan Ploso Lama ini didesain dengan BM 70 dan maksimal beban adalah 31 ton. Tapi kenyatannnya, jembatan ini sering dilintasi oleh kendaraan berat yang muatannya melebihi kapasitas jembatan. Selain itu, juga usia jembatan yang dibangun pada tahun 1980 ini sudah 41 tahun, mendekati batas akhir usia pemakaian, yakni 50 tahun.

“Jadi para stakeholder, yakni DPU Bina Marga Jatim, Dishub Jatim, Dishub Jombang, Polda Jatim, serta Polres Jombang menyepakati bahwa kendaraan yang boleh melintasi Jembatan Ploso Lama hanya kelas III saja, sedangkan untuk kelas I dan II tidak diperbolehkan,” ujarnya. (bw)