Surabaya, (bisnissurabaya.com) – Aktifitas masjid, selama ramadhan tak pernah sepi. Berbagai kegiatan mulai buka puasa bersama para jamaah, musafir, kaum dhuafa sekitar masjid, dan anak difabel terlihat setiap hari. Yang terbaru, Baitul Mal Masjid Assakiinah Putra Bangsa, di kawasan Arief Rahman Hakim Surabaya ini bagi-bagi sembako untuk kaum dhuafa, anak yatim dan para janda.

‘’Pembagian sembako tahap pertama ini membagikan 100 paket yang isinya 5 kg beras, 2 liter minyak goreng, sabun mandi, pasta gigi, kopi dan the yang diberikan kepada mereka yang berhak,’’ kata Ketua Baitul Mal Masjid Assakiinah Putra Bangsa, Drs H Anas Bayasud, MM., MBA., didampingi salah satu donatur Toni, kepada bisnissurabaya.com disela pembagian sembako di Surabaya Kamis (6/5) pagi.

Menurut dia, pembagian sembako ini merupakan kegiatan tahap pertama dengan membagikan 100 paket sembako kepada kaun dhuafa, anak yatim dan para janda. Pembagian sembako tahap kedua rencananya akan dilakukan H-1 Iduel Fitri sekaligus membagikan zakat fitrah kepada mereka yang berhak.

Adapun tujuan pembagian sembako ini, kata dia, untuk meringankan beban masyarakat yang tidak mampudan tidak dapat THR dari sumber lain. Apalagi, Masjid Assakiinah Putra Bangsa, juga menghimpun zakat dan menyalurkannya.

Yang  menarik, kata Anas, selama ramadhan Masjid Assakiinah Putra Bangsa mengadakan buka bersama dengan jamaah masjid, para musafir, kaum dhuafa sekitar masjid dan anak-anak difabel dengan menyediakan meja dan kursi seperti berbuka puasa di rumah sendiri.

Apalagi, menu yang disediakan beraneka ragam seperti rawon, soto, lontong sayur dan gule. ‘’Intinya, masjid ini ingin beda dalam hal buka puasa bersama,’’ kata Anas, sambil menjelaskan kegiatan lainnya selama ramadhan adalah, mengadakan iktikaf 10 hari terakhir. (bw)