Surabaya, (bisnissurabaya.com) – Kepedulian Puan Maharani, terhadap perjuangan dan cita-cita besar RA Kartini ditunjukkan dengan mengajak generasi muda Indonesia untuk mengambil inspirasi dari Kartini dan menerapkannya untuk membangun cerita hidup baru berkualitas masa kini dan menjadi bekal dimasa akan datang.

Kisah perjuangan Kartini dan para pahlawan di masa lalu, telah menginspirasi orang Indonesia yang hidup di masa kini. Diharapkan, generasi Indonesia yang hidup di masa kini pun juga membuat inspirasi generasi masa depan Indonesia.

“Mbak Puan Maharani, berkomitmen sekarang saatnya kita membuat cerita baru yang menginspirasi generasi di masa mendatang,” kata Ketua Gema Puan Jatim, Nanang Sutrisno, SH, MM di Surabaya, Rabu (21/4).

Menurut Nanang, Mbak Puan Maharani, menyampaikan komitmen tersebut dalam Talk Show memperingati Hari Kartini dengan tema: “Perspektif Generasi Milenial Tentang Kartini”.

Acara tersebut diselenggarakan oleh DPP PDIP bidang Kesehatan, Perempuan, dan Anak, di kantor pusat partai di Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat, Rabu (21/4). Selain Puan, narasumber acara itu adalah Sri Rahayu (Ketua DPP PDI Perjuangan Bidang Kesehatan, Perempuan dan Anak), Selly Gantina (Anggota DPR RI – Komisi VIII), Kiky Saputri (Artis, Stand-up Comedian), Tina Toon (Anggota DPRD DKI Jakarta), dan Berto Tukan (Penulis Buku). Acara juga diisi dengan pembacaan puisi oleh Happy Djarot dan Sondang Tampubolon.

Hadir juga petinggi partai seperti Wakil Sekjen Sadarestuwati dan Ketua DPP PDIP Ribka Tjiptaning serta Wiryanti Sukamdani. Puan Maharani, yang juga Ketua DPR RI juga menyampaikan, pemaknaannya soal Kartini dan cerita hidupnya.

Satu hal bagi Puan, bahwa mengikuti kisah Kartini adalah juga mengikuti kisah sejarah perempuan dalam kemerdekaan Indonesia. “Mbak Puan, mengingatkan bahwa Kisah Raden Ajeng Kartini menunjukkan bahwa sejarah Indonesia, banyak diwarnai cerita tentang perempuan,” ujar Mantan Anggota DPRD termuda periode 1999-2004 ini.

Bahkan lebih jauh, Putri Megawati Soekarnoputri, juga menuturkan, bahwa melalui Kartini, rakyat Indonesia masa kini bisa merasakan cerita kegigihan banyak perempuan Indonesia yang berjuang untuk Indonesia. Banyak perempuan Indonesia yang menjadi teladan pendidikan dan perjuangan hak-hak perempuan.

Semangat yang sama bisa dirasakan lewat para atlet perempuan Indonesia yang mengibarkan bendera Merah Putih di pentas olahraga internasional. Cerita membanggakan juga ditoreh prajurit perempuan Indonesia yang menjadi anggota Kontingen Garuda dan ikut dalam berbagai misi perdamaian PBB.

“Cerita-cerita perempuan-perempuan hebat Indonesia itu telah menjadi sumber inspirasi dan energi bangsa kita selama ini dan menjadi pengingat tentang nilai-nilai kebangsaan yang perlu selalu kita pegang untuk melangkah ke depan,” tambah laki- laki yang berprofesi di bidang hukum ini. (nanang)