Surabaya, (bisnissurabaya.com) – Tradisi megengan menyambut datangnya ramadhan, biasa dilakukan masyarakat di Jawa. Seperti di salah satu sekolah Islam di Surabaya ini, mengajak siswa-siswinya menjaga tradisi megengan dengan berdoa dan berbagi jelang datangnya bulan suci ramadhan.

Beginilah suasana pengajian dan doa bersama di SD Khadijah Surabaya, untuk menyambut datangnya bulan suci ramadhan. Tradisi megengan di sekolah ini sendiri tiap tahun terus digelar, disamping melestarikan budaya, juga mengajak siswa untuk berdoa kepada orang tua dan guru.

Kepala Sekolah SD Khadijah Pandegiling, Ahmad Suhadi, menyebut, kegiatan megengan ini biasa digelar tiap tahun. “Untuk tahun ini, sebagian siswa dan wali murid mengikuti secara daring. Megengan yang digelar di SD ini mengajarkan anak untuk memberikan doa kepada orang tua, guru, dan kerabat lainnya yang sudah meninggal,” kata, Ahmad Suhadi, di Surabaya Senin (12/4).

Disamping acara doa bersama, juga dilakukan santunan kepada anak yatim piatu yang ada di sekitar sekolah, yang diharapkan bisa menjadi pembelajaran bagi siswa untuk saling berbagi dengan sesama. (irwan/stv)