Sidoarjo, (bisnissurabaya.com) – Siapa tak mengenal joglo? Rumah adat khas Jawa yang memiliki berbagai fungsi. Mulai dari menerima tamu, makan bersama, hingga membicarakan hal-hal yang penting.

Memang joglo penuh dengan filosofi kehidupan. Berpijak dari hal tersebut, pada 18 Februari 2016 berdiri sebuah rumah makan/RM tradisional Jawa di bilangan By Pass Juanda Sidoarjo.

“Restoran kami mengusung konsep filosofi RSS. Yakni, ramah, santai dan sehat” kata Operasional Manager Restoran Joglo, Cahyo Widodo, kepada bisnissurabaya.com, di Sidoarjo Jum’at (9/4).

Selain menyediakan berbagai menu makanan yang lezat seperti ayam bakar, gurame bakar, iga bakar, kepiting bambu, dan rawon jangkrik dengan kuah kental dan lezat. Restoran ini juga memiliki menu ringan seperti roti bakar.

“Rawon Jangkrik kami rekomendasikan, karena kuahnya kental dan lezat. Menggunakan daging sapi khusus bagian iga,” jelas pria yang ramah ini.

Berbagai ruangan makan dengan macam-macam ukuran kapasitas, tersedia disini. Mulai dari Yudistira, Werkudara, Nakula, Sadewa, Kresna, dan Wisanggeni. Semua ruangan memiliki ornamen dari kayu yang berisi petuah atau nasehat dalam bahasa Jawa.

“Tulisan tersebut menjadi spot foto yang paling diminati pengunjung,” tambah manager yang berpenampilan rapi ini.

Selain memiliki berbagai ornamen dan barang seni yang sengaja dipasang seperti patung, wayang, dan gerabah. Rumah makan ini juga memiliki koleksi aneka satwa langka seperti merak, kasuari, dan kijang. Para pengunjung selalu menyempatkan foto di dekat kandang satwa tersebut. (nanang)