Banyuwangi, (bisnissurabaya.com) – Aksi sosial kemanusian terkait bencana banjir di NTT mengalir dari Banyuwangi. Sebanyak 1000 paket bantuan sosial dikirim dari Polresta Banyuwangi, Rabu (7/4) pagi.

Bantuan ini hasil sumbangsih dari lima Polres di wilayah timur Jawa Timur/Jatim. Masing-masing, Polresta Banyuwangi, Polres Jember, Situbondo, Bondowoso dan Lumajang.

Pemberangkatan bantuan dipimpin Kapolresta Banyuwangi Kombespol Arman Asmara Syarifudin.
Menurut Kapolresta, bantuan sosial ini merupakan gabungan dari Polres di jajaran timur Jatim.

Tujuannya, memberikan dukungan kemanusiaan, sekaligus perintah Kapolda. Total 1000 paket. “Isinya, sembako, obat-obatan dan kebutuhan para korban banjir NTT,” kata Kapolresta.

Selain paket bantuan, Polda Jatim juga mengirimkan bantuan 100 personel ke NTT. “Kalau personel Polresta siaga, menunggu perintah jika dibutuhkan ke NTT,” tegasnya.

Paket bantuan yang dikirim, kata Kapolresta, dikawal langsung dari Banyuwangi ke lokasi. Pengiriman menggunakan jalur penyeberangan Ketapang Gilimanuk, berlanjut ke NTB dan NTT.

Menurut Kapolresta, pengiriman bantuan kemanusiaan ini bagian dari dukungan kepada sesama yang terkena musibah. Harapannya, bantuan ini bisa meringankan duka warga yang terdampak banjir bandang.

“Ketika sampai di NTT, bantuan akan langsung didistribusikan yang terdampak,” pungkasnya. Banjir bandang menerjang NTT, Minggu (4/4) lalu. Puluhan warga meninggal, dan puluhan lainnya hilang. (wir)