Surabaya, (bisnissurabaya.com) – Ratusan siswa dari salah satu SD Islam di Sidoarjo mengikuti Latihan Dasar Kepemimpinan. Uniknya, dalam pelatihan ini dilakukan secara virtual dengan permainan game kekompakan antar kelompok. Latihan kepemimpinan secara virtual ini dilakukan, lantaran kondisi saat ini sedang ada pandemi Covid-19 yang tidak dianjurkan adanya kerumunan orang.

Pandemi Covid-19 yang telah melanda hampir seluruh dunia, memaksa siswa untuk membatasi akitivitas di luar rumah. Meski demikian, bukan berarti para siswa hanya diam di rumah tanpa melakukan apapun.

Dengan kecanggihan teknologi yang semakin pesat, para siswa dapat melakukan kegiatan belajar dan berbagai akitivitas lain secara virtual, termasuk juga kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan.

Kegiatan ini, dilaksanakan secara virtual melalui Zoom-meeting dan live Youtube yang dipandu trainer Edelweiss. Seluruh siswa dibagi menjadi 10 kelompok, dan masing-masing kelompok menyelesaikan tantangan yang dikemas dalam bentuk game atau permainan.

Kegiatan dimulai dengan pembuatan yel-yel kelompok. Dengan aktivitas ini, diharapkan siswa dapat saling mengenal dan berkomunikasi dengan sesama anggota kelompok.

Kemudian masing-masing kelompok menampilkan yel-yel kelompoknya secara bergantian. Sesi berikutnya adalah kegiatan di 5 break out room untuk memainkan game-game dengan dipandu trainer. Setelah menyelesaikan seluruh game, siswa berdiskusi dengan kelompok masing-masing dan menunjuk salah satu anggota kelompok untuk mempresentasikan hasil yang diperoleh selama kegiatan.

Hal ini, akan meningkatkan kemampuan komunikasi serta mendorong siswa agar berani dan percaya diri untuk tampil dan mengemukakan pendapatnya. Ustazah Fitri, salah satu guru pendamping dari para peserta Sabtu (3/4) berharap, dengan kegiatan ini semoga anak-anak dapat meneladani karakter Nabi Muhammad dan menguasai keterampilan yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin muslim. Lantaran generasi muda saat ini, kelak akan menjadi pemimpin berkualitas. (agung/stv)