Surabaya, (bisnissurabaya.com) – Satu Tahun vakum karena pandemi virus corona, komunitas pecinta ayam serama menggelar kontes regional seni dan kecantikan ayam di sebuah mall. Kontes perdana ini, diikuti 300 peserta dari berbagai daerah di Indonesia. Kontes ayam serama kali ini, digelar khusus untuk mengadu bakat tari ayam yang unik ini.

Seperti inilah gaya ayam serama saat mengikuti kontes regional seni dan kecantikan ayam serama. Meski memiliki tubuh yang kecil, namun, ayam ini bisa membusungkan dada dan berjalan tegak, serta berlenggak-lenggok layaknya model saat berada diatas catwalk.

Tak hanya itu, sorak-sorai pemilik ayam serama juga menjadi hiburan sendiri. Pemilik, sengaja menyemangati ayam jagoannya agar mau berlenggak-lenggok. Kontes regional Jawa Timur/Jatim seni dan kecantikan ayam serama kali ini diikuti ratusan peserta dari berbagai wilayah di Indonesia. Diantaranya, Jawa Barat, Jakarta, Tangerang, Jogja, Madura, Banyuwangi dan yang paling jauh dari Lampung. Kontes seni dan kecantikan ayam serama ini digelar di Pakuwon City Mall.

Sementara itu, Ketua Panitia Kontes Ayam Serama, Dodi Setiawan, mengatakan, kontes regional seni dan kecantikan ayam serama ini mendapat antusias dari peserta dan rindu digelarnya adanya kontes setelah vakum selama satu tahun karena wabah corona. Kontes ayam serama, juga menerapkan protokol kesehatan 3 m.

“Diantaranya, cuci tangan sebelum tampil dan pemilik ayam memakai masker dan peserta melakukan swab terlebih dahulu sebelum mengikuti lomba,” kata Dodi Setiawan, kepada bisnissurabaya.com di Surabaya Kamis (1/4).
Dodi berharap, dengan adanya kontes kali ini ayam serama lebih dikenal masyarakat luas. Dan pandemi Covid akan cepat berakhir dan bisa menggelar kontes – kontes selanjutnya pada tingkat nasional. (farid/stv)r