Surabaya, (bisnissurabaya.com) – Semua anak Indonesia termasuk, para penyandang disabilitas, berhak mendapat kesempatan yang sama meraih prestasi disegala bidang. Termasuk jadi atlet cabang olahraga floorball. Karena itu, atlet yang tergabung dalam Knight Floorball Club, mengajak bertanding bareng dengan anak disabilitas untuk mencari bibit atlet muda disabilitas di cabang olahraga ini.

Cabang olahraga floorball atau bola lantai adalah cabang olahraga baru yang menyerupai olahraga hockey. Bedanya, kalau hockey harus dilakukan di lapangan terbuka atau outdoor. Sedangkan floorball bisa dilakukan di lapangan futsal atau indoor. Untuk itu, atlet floorball yang tergabung dalam Knight Floorball Club mengajak anak-anak disabilitas yang tergabung dalam Tim Atlit Spesial Olympics Jatim berlatih bersama agar bisa menjadi atlet floorball.

Founder sekaligus Pembina Utama Knight Floorball Club, Firda Aulia, menyampaikan, pertandingan persahabatan ini merupakan bentuk kepedulian terhadap anak- anak penyandang disabilitas, serta sebagai ajang menggali bibit atlet floorball yang berprestasi dari anak- anak disabilitas. “Meski memiliki keterbatasan, namun, para penyandang disabilitas juga punya hak yang sama untuk dapat meraih prestasi dibidang olahraga,” kata Firda, di Surabaya Sabtu (27/3).

Apalagi di Indonesia belum ada atlet cabang olahraga Floorball dari penyandang disabilitas. Sedangkan di luar negeri sudah banyak. Dalam olahraga floorball yang dimainkan di lapangan indoor ini, dibutuhkan 6 pemain dalam setiap tim yang bertanding.

Terdiri dari pemain bertahan, menyerang dan penjaga gawang. Sedangkan peralatan yang dibutuhkan adalah stik berbahan karbon yang ujungnya berbahan plastik dan bolanya juga berbahan dasar yang sama dengan motif berlubang. (agung/stv)