Surabaya, (bisnissurabaya.com) – Industri kendaraan bermotor tanah air, kian ramai dengan kehadiran inovasi kendaraan listrik. Kini, kendaraan niaga roda tiga atau gerobak hadir dengan inovasi bermesin listik buatan karya anak bangsa.

Kehadiran kendaraan motor gerobak listrik ini, juga mendukung upaya pemerintah dalam mengembangkan motor listrik dan efisiensi BBM di masa pandemi. Motor gerobak listrik/Gelis terus mengembangkan sayapnya, dengan menyasar pasar Usaha Mikro Mecil Menengah/UMKM.

Ary Tjahyono, Chief Sales & Marketing PT Solar Panel Indonesia, selaku produsen motor gelis mengatakan, kendaraan hemat energi, ramah lingkungan serta memiliki nilai ekonomis tinggi ini diklaim mampu memberikan keuntungan tambahan bagi para pelaku UMKM serta memberi gairah para pelaku UMKM agar bangkit kembali sebagai langkah recovery keterpurakan akibat covid-19. Selain itu, kendaraan motor listrik ini tengah menjadi trend di kalangan masyarakat. Kendaraan motor listrik sendiri jika dibandingkan dengan kendaraan berbahan bakar minyak 70 persen lebih efisien. Karena itu, produsen kendaraan kini berlomba-lomba mengembangkan kendaraan listrik dengan menyasar pelaku UMKM.

Sementara itu, Robert Cosmos, Direktur Cosbi Sanjaya Motor, menambahkan, tingginya, minat masyarakat terhadap kendaraan motor listrik membuat motor gerobak listrik ini melebarkan sayap dengan menambahkan dieler di luar Surabaya, seperti Sidoarjo. Dengan hadirnya, motor gerobak listrik ini, dirinya berharap dapat membantu pelaku UMKM untuk menciptakan ide- ide yang lebih maju.

‌Menariknya, komponen kendaraan gerobak listrik karya anak bangsa ini juga telah diproduksi di dalam negeri. Seperti baterai, casis dan bodi, serta beberapa perangkat kendali. Sementara, beberapa komponen lain, seperti motor listrik/ kontroler, gardan, sistem kemudi dan roda masih diimpor. Kendaraan, tiga roda berpenggerak roda belakang ini juga mampu menanjak hingga sudut kemiringan 15 derajat. Serta melaju hingga kecepatan maksimum 30 km per jam dengan jarak tempuh rata-rata 30 km.
‌(farid/stv)