Surabaya, (bisnissurabaya.com) – Menteri Kesehatan/Menkes, Budi Gunadi Sadikin, memberi kabar baik terkait vaksin merah putih. Menurutnya, vaksin merah putih ditargetkan mendapatkan izin dari BPOM penggunaan pada semester pertama 2022 mendatang.

 

Dengan didampingi Kepala Dinas Kesehatan Jawa Timur/Jatim, menkes meninjau langsung pelaksanaan vaksinasi Covid-19 kepada imam, muadzin dan marbot di Masjid Al-Akbar Surabaya.

 

Dalam tinjauannya, Menkes Budi, menyampaikan, vaksin merah putih diharapkan pada semester pertama 2022 sudah keluar izin pemakaian dari BPOM. Menkes Budi Gunadi, menyebut bibit vaksin merah putih saat ini tengah digodok oleh Lembaga Biologi Molekuler Eijkman. Karena vaksin merah putih yang berawal dari hewan, harus dibersihkan dari komponen – komponen hewan, baru kemudian diproduksi bibit vaksin. Setelah bibit vaksin jadi, rencananya april akan dikirim ke biofarma, untuk bisa diproduksi untuk dilakukan uji klinis tahap pertama.

 

Vaksin merah putih harus melewati tiga tahapan sebelum akhirnya bisa diedarkan ke masyarakat. Saat ini, vaksin buatan anak bangsa tersebut masih dalam tahap pertama, yakni riset dan pengembangan yang akan menghasilkan bibit vaksin. (irwanda/stv)