Gresik, (bisnissurabaya.com) – Seorang ibu muda di Kabupaten Gresik, sukses beternak hewan reptil gecko, atau tokek tanah hias. Bahkan, selama masa pandemi covid-19, omzet penjualan mencapai jutaan rupiah per bulan. Usaha beternak gecko ini sendiri berawal dari kecintaan terhadap hewan yang bagi sebagian orang terlihat seram.

Beginilah aktivitas Wulan Yunita Rahmawati, seorang ibu muda, yang juga penghobi dan peternak hewan reptil gecko, atau tokek tanah hias selama pandemi covid-19. Bertempat di Jalan Kapten Darmo Sugondo Gang 8, Kelurahan Indro, Kecamatan Kebomas, Gresik, ibu satu anak ini mulai tertarik memelihara reptil lucu aneka warna ini.

Terlihat dengan penuh ketelatenan, wanita penghobi reptil ini memeriksa dan memberi makan 50 ekor gecko peliharaannya, yang ditaruh di dalam wadah plastik berukuran 25 cm kali 10 cm. Wulan menceritakan, meski sebagian orang melihatnya seram.

Dia awalnya, suka dengan gecko lantaran hewan ini memiliki karakter, yang menurutnya lucu dengan aneka warna. Selain itu, sifat hewan ini yang tidak agresif serta perawatannya yang mudah. Bahkan, aman untuk hewan peliharaan anak-anak, menjadi kesenangan tersendiri.

‘’Untuk pakan dan habitat hewan ini tergolong mudah, hanya menyiapkan jangkrik atau ulat Hongkong sebagai makanannya, serta wadah plastik yang didalamnya diisi wadah air dan dilapisi pasir kalsium sebagai alas tidurnya,’’ kata Peternak Reptil Gecko, Wulan Yunita Rahmawati, kepada bisnissurabaya.com di Gresik Kamis (25/3).

Wulan mengaku, dari awal hanya membeli sepasang gecko. Kini, reptil miliknya ini sudah beranak pinak, hingga 50-an ekor beraneka jenis. Mulai jenis leopard gecko, tremper albino, leopard bell albino, leopard rain water albino, patternless, hybino, hingga line bred snow.

Dari hobinya beternak hewan reptil ini, dengan omzet jutaan rupiah per bulan, Wulan, telah berhasil menjual beberapa koleksi peliharaannya kepada sesama penghobi, maupun masyarakat yang memiliki minat untuk memelihara hewan eksotis ini.

Tentang harga, Wulan, menyebut satu reptil gecko dipatok harga ratusan ribu rupiah, hingga jutaan rupiah tergantung jenis dan ukuran gecko. (bashoir/stv)