Surabaya, (bisnissurabaya.com) – Rencananya, Dinas Kesehatan/Dinkes Kota Surabaya juga akan melakukan vaksinasi pada para pedagang pasar. Ada sekitar 27.000 pedagang pasar serta pelaku UMKM di Surabaya akan menerima vaksin Covid-19. Hal ini, dikarenakan pedagang pasar rentan tertular Covid, lantaran setiap hari bertemu dengan banyak orang.

Rencananya, vaksin akan diberikan setelah selesai vaksinasi gelombang dua, sembari menunggu kedatangan vaksin dari pemerintah pusat. Dinkes, dalam waktu dekat akan melakukan vaksinasi covid-19 pada para pedagang pasar dan pelaku UMKM di Kota Surabaya. Hal ini dilakukan karena mereka sangat rentan tertular Covid-19 karena setiap hari bertemu dengan banyak orang.

‘’Rencananya, vaksinasi pada para pedagang pasar dan pelaku UMKM di Surabaya ini akan dilakukan setelah vaksinasi gelombang 2 selesai dilaksanakan. Sembari menunggu distribusi vaksin Covid-19, selanjutnya, dari Pemerintah Pusat,’’ kata Kepala Dinkes Surabaya, Febria Rachmanita, di Surabaya Senin (22/3).

Berdasarkan data yang dimiliki Dinkes Surabaya, saat ini ada sekitar 27.000 pedagang pasar yang tersebar di 67 pasar, yang berada dibawah pengelolaan PD Pasar Surya Surabaya. Saat ini, Dinkes sedang berkoordinasi bersama PD Pasar Surya Surabaya, serta Dinas Perekonomian Kota Surabaya untuk mendata dan melakukan verifikasi para pedagang pasar yang ada di Surabaya.

Saat ini, vaksinasi gelombang 2, penyuntikan tahap 2 untuk petugas pelayanan publik, TNI – Polri, lansia dan guru masih berlangsung di beberapa fasilitas kesehatan. Baik di rumah sakit maupun puskesmas. Dinas Kesehatan sendiri memastikan vaksinasi Covid-19 ini akan dilakukan secara bertahap untuk semua lapisan masyarakat, terutama warga Kota Surabaya.

Termasuk para pedagang pasar dan pelaku UMKM. Saat ini Dinas Kesehatan sendiri masih menunggu suplay distribusi vaksin dari pemerintah pusat. (stady/stv)