Surabaya, (bisnissurabaya.com) – Botol minuman bekas biasanya dibuang begitu saja. Namun, di tangan Maryam, warga Madura yang membuka tokonya di Jalan Semut Surabaya, botol kaca bekas menjadi barang yang bisa dijual, meski harganya tidak terlalu mahal.

Beragam barang bekas terbuat dari kaca ini, tidak hanya botol minuman lokal maupun botol bekas obat, namun, barang bekas di tempat ini, banyak botol bekas minuman kelas impor dengan bentuk yang menarik.

Inilah toko botol bekas milik Maryam yang berada di Jalan Semut Surabaya. Beragam botol terbuat dari kaca ada di tempat ini. Diantaranya botol minuman keras impor maupun lokal. Juga ada botol berukuran besar yang bisa digunakan sebagai wadah bahan kimia.

Untuk pemburu botol bekas, minuman impor di tempat ini salah satu jujukan untuk membeli botol unik dan menarik. Sementara, untuk harga paling murah Rp 5.000 dan yang paling mahal Rp 50.000. ‘’Saya  sudah 30 tahun menjual botol bekas di Jalan Semut Surabaya ini,’’ kata Penjual Botol Bekas, Maryam, kepada bisnissurabaya.com di Surabaya Minggu (21/3).

Dengan ketekunannya ini, banyak pencari botol bekas atau lebih dikenal tukang rongsokan memasok botol bekas ke Maryam. Sementara itu, untuk memperoleh penghasilan dari penjualan botol bekas ini, pada masa pandemi, Maryam mengaku, sehari hanya mendapatkan omzet sekitar Rp 100.000 dibanding sebelum pandemi bisa mendapatkan omzet Rp 1 juta hingga Rp 2 juta. (farid/stv)