Surabaya, (bisnissurabaya.com) – Menjelang ramadhan, harga komoditi bahan pangan, khususnya kebutuhan pokok di Pasar Pabean Surabaya masih stabil. Tidak ada kenaikan harga yang signifikan. Namun, stabilnya harga kebutuhan pokok ini tak berlaku bagi harga cabai rawit yang masih cukup tinggi dikisaran Rp 100.000 per kilogram. meski sebelumnya pedagang menjual seharga Rp 120.000 – Rp 125.000 per kilogram.

Dari pantauan harga komoditi kebutuhan pokok di Pasar Pabean Surabaya Jumat (19/3), menjelang ramadhan ini, pedagang kebutuhan pokok di pasar ini belum ada persiapan khusus menghadapi naiknya harga setiap menjelang bulan puasa.

Seperti harga kebutuhan pokok untuk dapur. Diantaranya, bawang merah, bawang putih, cabai merah, cabai rawit, maupun rempah-rempah seperti merica, kemiri. Pedagang Bawang Merah Pasar Pabean, Vera, mengatakan, saat ini harga bawang merah masih stabil dijual dengan harga Rp 20.000 – Rp 30.000 per kilogram. Pasalnya, pada saat musim panen bawang merah di Madura, para pedagang menganggap harga bawang merah ini anjlok dibanding menjelang Bulan ramadhan 2020 lalu. Sedangkan, untuk harga bawang putih Rp 23.000 per kilogram.

Sementara, Pedagang Cabai Rawit Pasar Pabean, Askiah, menyatakan, untuk harga cabai rawit di Pasar Pabean ada penurunan harga meski tidak terlalu rendah. Namun, harga cabai rawit masih terbilang cukup tinggi, Rp 100.000 per kilogramnya. Turunnya harga cabai rawit ini tidak bisa dijadikan patokan oleh pedagang. Pasalnya, harga cabai rawit ini setiap harinya pasti naik turun tergantung pasokan dari daerah. Sehingga pada hari H menjelang ramadhan belum bisa dipastikan naik atau turun harga cabai rawit ini.

Atas kondisi ini, pedagang pasar pabean berharap, pada pemerintah untuk bisa memantau harga kebutuhan pokok di pasar, agar pada bulan ramadhan nanti tidak ada kenaikan harga dan pasokan tetap stabil. (farid/stv)