Gresik, (bisnissurabaya.com) – Harga cabai rawit merah di Gresik semakin pedas, hingga menyentuh Rp 1.000 per bijinya. Agar pembeli tidak berkurang, pedagang di Pasar Baru Gresik mencampur cabai rawit merah dengan cabai yang masih hijau dan dihargai Rp 120.000 per kilonya.

Pedagang cabai di Gresik, Munah, mengeluhkan harga cabai. Terutama harga cabai rawit merah, lantaran harganya mencapai Rp 1.000 per bijinya. Imbas dari mahalnya harga cabai, membuat para pembeli cabai di Pasar Baru Gresik berkurang hingga 50 persen. Ia mengaku, kenaikan harga cabai sudah terasa selama 1 minggu ini. Akibat kenaikan ini, pelanggannya saat ini berkurang hingga 50 persen. Dirinya berharap, agar harga cabai rawit merah segera turun dan kembali stabil.

Sementara itu, salah satu pembeli cabai, Faiz, mengaku kaget dengan harga cabai saat ini. Agar tidak terlalu mahal, pelanggan membeli cabai rawit campur secukupnya. Yakni, Rp 5.000, sebanyak 1/2 ons atau tidak sampai 20 biji cabai.

Pedagang cabai dan para pembeli menduga, kenaikan harga cabai dipengaruhi oleh cuaca yang menyebabkan harga cabai semakin mahal. Pembeli dan penjual cabai berharap, agar harga cabai kembali murah dan stabil. (bashoir/stv)