Blitar, (bisnissurabaya.com) – Empat belas ahli waris korban meninggal dunia akibat Covid-19 tahun anggaran 2020 Kabupaten Blitar, dipastikan, tidak menerima uang santunan sebesar Rp 15 juta. Keputusan tersebut berdasarkan surat edaran kementerian sosial yang diberikan kepada keluarga pasien meninggal terkait pembatalan pencairan.

Ahli waris pasien Covid-19 yang meninggal dunia 2020 lalu, harus gigit jari. Sebab, bantuan yang dijanjikan oleh Kementerian Sosial RI, melalui Dinas Sosial Kabupaten Blitar sebesar Rp 15 juta gagal diberikan.

Hal tersebut berdasarkan surat edaran Kementerian sosial tertanggal 18 Februari, tentang tidak dialokasikannya anggaran untuk pasien Covid-19 tahun 2021.

Kabid Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinas Sosial Kabupaten Blitar, Sri Nuryanti, menjelaskan, saat ini Dinsos Kabupaten Blitar telah mengajukan ke Provinsi Jawa Timur/Jatim sebanyak 14 keluarga pasien Covid-19 yang meninggal dunia. Namun, dengan adanya edaran dari Kementerian dan Dinas Sosial Provinsi Jatim, maka pengajuan tersebut dianggap batal.

Sementara itu, ahli waris keluarga pasien meninggal akibat Covid-19 ini menyayangkan dengan adanya surat keputusan kementerian sosial tersebut, yang dianggap tidak berpihak pada rakyat kecil. (khoirul/stv)