Banyuwangi, (bisnissurabaya.com) – Vaksin massal terus bergulir di Kabupaten Banyuwangi. Setelah Polres, TNI AL dan media, giliran TNI AD di Kodim 0825 Banyuwangi mendapatkan vaksin. Vaksinasi digelar di aula Kodim, Selasa (2/3) siang. Kodim memprioritaskan anggota Bintara Pembina Desa (Babinsa) untuk mendapatkan vaksin tahap pertama. Alasannya, anggota Babinsa menjadi garda terdepan penanganan Covid. Dan, personel yang mengawal pelaksanaan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) mikro.

“Tahap pertama ini, kita prioritaskan Babinsa. Total 168 orang,” kata Komandan Kodim (Dandim) 0825/Banyuwangi, Letkol (Inf) Yuli Eko Purwanto disela memantau vaksinasi.
Perwira ini menjelaskan sesuai arahan dari komando atas, vaksinasi diprioritaskan ke Babinsa. Selanjutnya, akan menyasar personel Kodim lainnya, termasuk PNS. “Total personel kita 450 orang. Nanti akan divaksin bertahap,” tegasnya.

Pihaknya menyiapkan tim vaksinator dari Pusat Kesehatan Kodim. Ditargetkan, vaksinasi tahap pertama bisa rampung dalam dua hari.
Sebelum vaksin, lanjutnya, seluruh personel Kodim diberikan sosialisasi khusus. Seperti, menjaga kesehatan dan tetap tenang ketika mendapatkan vaksin. Hingga siang, belum ditemukan keluhan pasca-vaksin. Proses vaksin juga berjalan lancar. Seluruh personel dimulai dengan pendataan, screening dan vaksinasi.

“Tahap screening untuk memastikan kesehatan. Jika lolos langsung divaksin,” pungkasnya. Pihaknya berharap, dengan vaksinasi para Babinsa yang menjadi garda terdepan bisa memberikan keamanan dan kenyamanan dalam bertugas. Meski begitu, tetap mengedepankan protokol kesehatan. (wir)