Banyuwangi. (bisnissurabaya.com) – Sebanyak 49 anggota DPRD Banyuwangi menjalani vaksin massal, Senin (1/3) pagi. Yang menarik, tim medis dari Puskesmas Sobo memilih jemput bola ke kantor DPRD setempat. Selain wakil rakyat, seluruh staf sekretariat juga divaksin massal.

Wakil Ketua DPRD Banyuwangi, Mikael Edi Hariyanto, mengatakan, seluruh anggota dewan sudah didaftarkan mendapatkan vaksin. Ditambah, staf sekretariat. Total, 75 orang yang divaksin. “Saya tadi divaksin pertama. Sebagai pimpinan kita harus mendukung vaksinasi, supaya penyebaran Covid bisa terputus,” kata politisi Demokrat ini.

Dijelaskan, tidak ada persiapan khusus dari anggota Dewan sebelum divaksin. Pihaknya menghimbau seluruh anggotanya tetap tenang menjalani vaksin, termasuk pasca-vaksin. “Ini untuk kebaikan kita bersama. Jadi, kita dukung vaksinasi untuk memutus mata rantai penyebaran Covid,” jelasnya.

Pasca-vaksin, lanjut Mikael, tidak ada gejala yang dirasakan. Menurutnya, semuanya terasa normal. Pun dengan anggota DPRD yang lain. Sementara itu, Kepala Puskesmas Sobo Dadang Tripitoko, mengatakan, pihaknya memilih jemput bola ke DPRD karena sarana ruangan memadai.

“DPRD menyiapkan fasilitas yang memadai. Ada ruangan besar dan ruangan tunggu yang luas, disiapkan dengan baik,” katanya. Pihaknya menyiapkan dua tim vaksinator, total 10 orang. Tahapan vaksinasi, lanjutnya, dimulai dengan verifikasi dan screening.

Selanjutnya vaksinasi dan langsung mendapatkan sertifikat. Vaksinasi dibatasi bisa selesai sehari. Masing-masing tim vaksinator melayani 36 orang. “Sehari kita targetkan selesai dengan tim yang sebanding dengan jumlah yang divaksin,” pungkasnya. (wir)

Wakil Ketua DPRD Banyuwangi Mikael Edi Hariyanto menunjukkan sertifikat usai divaksin, Senin (1/3) pagi. (foto/wir)