Surabaya, (bisnissurabaya.com) – Dua siswa SMA di Surabaya berinovasi menciptakan alat kesehatan untuk mendeteksi pembuluh darah dengan image processing, yang mereka namai Helpe Doctor. Berkat inovasi tersebut, mereka berhasil meraih juara satu dibidang komputer dalam ajang Indonesia Science Project Olympiad (ISPO) 2021//

Kedua siswa tersebut Muhammad Syahnabil dan Abyan Ermansyah.
Mereka mengaku mendapat inspirasi membuat inovasi alat kesehatan untuk mendeteksi pembuluh darah dengan image processing saat membaca berita tentang seorang petugas medis yang tidak bisa menemukan pembuluh darah pasiennya, sehingga menimbulkan korban.

Menurut kedua pelajar ini, sebenarnya alat tersebut sudah ada. tetapi harganya sangatlah mahal. “Dengan harga yang mahal, kemungkinan rumah sakit tidak memprioritaskan untuk membelinya. Padahal, alat ini sangat penting untuk memeriksa pasien,” katanya.

Bahkan, kata dia, tak sedikit pasien yang mengalami kelebihan lemak dan warna kulit cenderung gelap sangat sulit ditemukan pembuluh darahnya.
Atas dasar tersebut, kedua siswa yang mempunyai hobby penelitian ini membuat solusi alternatif untuk mengatasi masalah tersebut yang kemudian mereka memberinya dengan nama Help Doctor.

Kedua siswa ini mengaku jika alatnya sudah dibuat sejak bulan November 2020. Namun, karena masih banyak kekurangan, akhirnya mereka meng-upgrade beberapa komponen dan menambahkan fitur portable. Berkat inovasi tersebut, mereka berhasil meraih juara satu dibidang komputer dalam ajang Indonesia Science Project Olympiad (ISPO) 2021. Dengan kemenangan ini, mereka akan mewakili Indonesia dalam lomba tingkat internasional dibidang Informatix di Rumania. (agung/stv)