Banyuwangi (bisnissurabaya.com) – Vaksinasi massal menyasar 525 anggota Polresta Banyuwangi, Kamis (25/2) siang. Vaksinasi yang digelar di Klinik Kesehatan Pratama Polresta ini merupakan tahap pertama bagi anggota korps Bhayangkara tersebut. Ini merupakan vaksin yang diperuntukkan untuk para pelayan publik dari kalangan Polri.

Vaksinasi dilayani 5 vaksinator, gabungan tim medis Polresta dan RS Bhayangkara, Bondowoso. Per hari, ditargetkan 100 anggota yang divaksin. “Ini vaksin tahap pertama bagi anggota Polresta dan PNS, total 525 anggota,” kata Kapolresta Banyuwangi Kombespol Arman Asmara, didampingi Perwira Urusan Kesehatan Polresta Nur Prasetyo Hadi.

Vaksinasi ditargetkan bisa selesai selama 5 hari. Ada beberapa tahapan sebelum anggota Polresta divaksin. Setelah didaftar, mereka melalui tahapan verifikasi dan screening. Jika lolos, langsung disuntik vaksin. Proses screening meliputi pemeriksaan tensi, riwayat penyakit bawaan dan kondisi tubuh. Usai disuntik vaksin, peserta diobservasi selama 30 menit. Jika tidak ada keluhan penyerta, langsung diperbolehkan pulang. “Semua yang divaksin lolos screening. Observasi juga lancar, tidak ditemukan keluhan,” tegas Kapolresta.

Selain anggota yang bertugas di Polresta, vaksin massal juga menyasar anggota Polsek. Bedanya, mereka akan divaksin di Puskesmas terdekat. “Untuk Polsek, koordinasi dengan Puskesmas” pungkasnya. Pihaknya berharap dengan vaksinasi massal menjadi pendukung turunnya penyebaran Covid di Banyuwangi. Apalagi, salah satu anggota Polresta, Iptu Lita Kurniawan, mengaku tak ada persiapan khusus sebelum divaksin. Perwira ini juga tak merasakan efek apapun setelah divaksin. “Persiapannya hanya jaga kesehatan, istirahat cukup dan tetap tenang,” kata Kasubag Humas Polresta ini. (wir)