Surabaya, (bisnissurabaya.com) – Banjir yang melanda Jakarta mengakibatkan jalur kereta api/KA turut terendam. Dampaknya, enam perjalanan KA jarak jauh tujuan Jakarta dari wilayah Daop 8 Surabaya, hari ini terpaksa dibatalkan. Bagi penumpang yang telah memesan tiket, uang akan dikembalikan 100 persen.

Banjir yang terjadi di Ibu Kota Jakarta tak hanya merendam pemukiman warga. Namun, jalur transportasi KA juga turut terendam banjir. Jalur rel KA yang terendam banjir, terjadi di petak jalan antara Kedunggedeh hingga Lemah Abang dengan ketinggian air mencapai satu setengah meter. Selain terendam banjir, arus air yang deras mengakibatkan pondasi batu di bantalan rel tergerus air. Dengan kondisi tersebut, PT KAI Daop 8 Surabaya, membatalkan seluruh perjalanan KA tujuan jakarta yang sedianya berangkat mulai Minggu kemarin.

“Ada enam perjalanan kereta api dari wilayah Daop 8 Surabaya tujuan Jakarta, yaitu, kereta Bima relasi stasiun Surabaya Gubeng ke stasiun Jakarta Gambir, kereta sembrani tujuan Surabaya Pasar Turi ke Gambir, kereta Anggrek relasi Surabaya Pasar Turi tujuan Gambir Jakarta, kereta Gajayana relasi Malang Gambir, kereta Jayakarta relasi Surabaya Gubeng tujuan Pasar Senin Jakarta, dan kereta Dharmawangsa relasi stasiun Surabaya Pasar Turi tujuan stasiun Pasar Senin Jakarta,”
kata Manager Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Febrilukqman Arif, di Surabaya Rabu (23/2).

Pembatalan perjalanan kereta tujuan Jakarta hanya berlaku hari ini. Namun, jika kondisi banjir di Jakarta tetap tinggi hingga esok hari, tidak menutup kemungkinan pembatalan perjalanan kereta api akan kembali dilakukan. bagi calon penumpang yang telah memesan tiket, uangnya akan dikembalikan seratus persen. (stady/stv)