Gresik, (bisnissurabaya.com) – Puluhan wartawan di Gresik mendapat vaksinasi Covid-19. Para wartawan ini tergabung dalam Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Gresik. Mereka menjalani vaksinasi yang difasilitasi Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat. Pelaksanaan vaksinasi ini dilakukan bersamaan dengan anggota Polres Gresik bertempat di Mapolres Gresik.

Ketua PWI Gresik, M Sholahudin di Gresik, Selasa (23/2) mengatakan, vaksinasi terhadap puluhan anggotanya itu sangat membantu dalam antisipasi penularan Covid-19 kepada pekerja media. Sholahudin, berterima kasih kepada Pemkab Gresik, khususnya Dinkes, karena tak dipungkiri sudah banyak teman-teman jurnalis di Indonesia yang terpapar virus ini.

“Kami PWI Gresik merasa terpanggil untuk dilakukan vaksinasi kepada teman-teman wartawan sebagai upaya menghindari paparan Covid-19,” ujarnya.
Ia berharap dengan dilakukannya vaksinasi kepada wartawan di Gresik bisa memantik teman-teman PWI di kabupaten atau kota lain, untuk berkoordinasi dengan pemerintah daerah setempat dalam melakukan vaksinasi kepada pekerja media.

Ketua Hari Pers Nasional (HPN) Gresik, Abdul Malik Ibrahim, menambahkan, vaksinasi ini adalah bagian dari memperingati HPN 2021 dan HUT ke 75 PWI.
Ia mengatakan, vaksinasi ini merupakan yang pertama dilakukan oleh kalangan organinasi pers di Indonesia, dan diharapkan mendorong organisasi yang sama untuk melakukan vaksinasi terdahap pekerja media.

Vaksinasi terhadap insan pers, lanjutnya sudah seharusnya dilakukan karena kalangan jurnalis merupakan garda terdepan dalam memberikan informasi mengenai Covid-19.
Ia menjelaskan, PWI Gresik juga telah mengawali vaksinasi terhadap insan pers yang dilakukan tepat pada peringatan HPN tanggal 9 Februari 2021 lalu.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Gresik, Saifudin Ghozali menjelaskan vaksinasi bagi wartawan merupakan bentuk kepedulian pemerintah kepada dunia pers.
“Karena pers punya peran penting dalam kehidupan berdemokrasi. Selain itu dalam upaya mendukung vaksinasi dan percepatan penanganan Covid-19, pers punya andil besar dalam komunikasi kepada masyarakat,” ujarnya. (sam)