Surabaya, (bisnissurabaya.com) – Sedikitnya, ada 52 ekor paus pilot terdampar di Perairan Kecamatan Modung Bangkalan Madura. Dari jumlah tersebut, 49 ekor paus mati. Guru Besar Bidang Marine Biology Unair, Prof Mochammad Amin Alamsjah, menilai banyak penyebab koloni paus tersebut terdampar ke laut dangkal. Seperti faktor ekosistem, adanya gempa tektonik, dan faktor iklim.

Warga Kecamatan Modung Bangkalan Madura dikejutkan dengan fenomena munculnya puluhan ikan paus di pantai. Total, ada 52 ekor paus pilot yang terdampar di pantai. ‘’Dari jumlah tersebut, 49 paus mati dan tidak bisa diselamatkan,’’ kata Amin, di Surabaya Minggu (21/2).

Menurut Amin, banyak faktor yang menjadi penyebab koloni paus pilot ini sampai terdampar di perairan dangkal. Diantaranya, faktor ekosistem laut atau rantai makanan, pasang surut air laut yang ekstrim, perubahan iklim, faktor dampak lempeng tektonik, dan adanya bencana el nino atau la nina.

Selain itu, faktor usia dan penyakit juga bisa menjadi penyebab ikan paus ini terdampar. Namun, untuk mengetahui penyebab pasti terdamparnya puluhan paus ini butuh penelitian yang lengkap dan komprehensif. (stady/stv)