Surabaya, (bisnissurabaya.com) – Polisi memberikan pelayanan prima kepada pemohon surat izin mengemudi/SIM. Namun, ada yang menarik dalam pelayanan yang disajikan kepada difabel di Satpas Colombo Surabaya. Kini, Polrestabes menambah lagi fasilitas layanan SIM) khusus difabel. Layanan itu diterapkan menyambut instruksi kapolri terkait revitalisasi layanan khusus masyarakat difabel.

Dengan memberikan layanan baru bagi pemohon sim penyandang disabilitas, dengan sarana dan prasarana khusus. Diantaranya, ada loket bagi penyandang difabel, kursi roda, parkir khusus difabel, jalan untuk difabel dan toilet khusus.

Petugas, juga membantu penyandang disabilitas saat mengurus proses perpanjangan sim pada satuan penyelenggara administrasi SIM di Satpas Colombo Surabaya. Polrestabes Surabaya terus melakukan inovasi dan penambahan fasilitas pelayanan bagi penyandang disabilitas.

Bagi penyandang disabilitas yang akan mengurus sim baru atau sekedar perpanjangan akan mendapatkan pelayanan khusus. Termasuk pendampingan dari awal hingga proses selesai. Fasilitas itu terdiri dari parkir khusus, kursi roda, jalur khusus hingga toilet khusus untuk disabilitas.

Penyediaan layanan khusus difabel ini sesuai intruksi Kapolri. Petugas, nantinya akan mendampingi, menjemput menggunakan kursi roda pemohon sim, mulai dari pengambilan formulir hingga selesainya proses pembuatan SIM.

Kanit Regident Satpas SIM Colombo, AKP Rizal Wijaya, mengatakan, banyak penyandang difabel yang mengajukan SIM di Satpas Colombo dan selalu mendapat pendampingan serta perlakuan khusus dari petugas.

Sebelumnya memang sudah ada, tapi ini kami tambah beberapa fasilitas lagi. Sehingga, penyandang difabel lebih nyaman saat berada di Satpas Colombo. Bagi difabel diperbolehkan membawa kendaraannya sendiri saat menjalani tes praktek di lapangan tes Satpas Colombo Surabaya.

‘’Kendaraan bisa dibawa sendiri. Kami tetap mendampingi dan ada perlakuan khusus untuk penyandang difabel. Pada layanan sim Satpas Colombo, sebenarnya sudah memberikan fasilitas untuk penyandang difabel ini sejak tiga tahun lalu,’’ kata AKP Rizal Wijaya, di Surabaya Rabu (17/2).

Ia menambahkan, beberapa fasilitas yang diberikan Satlantas Polrestabes Surabaya antara lain kursi roda, jalur khusus difabel dan toilet khusus difabel. Meski demikian, syarat dan kelengkapan adminsitrasi permohonan sim harus dipenuhi sesuai dengan aturan yang berlaku untuk semua masyarakat. (farid/stv)