Banyuwangi, (bisnissurabaya.com) – Masa jabatan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas resmi berakhir, Rabu (17/2) malam. Jabatan orang nomor satu di kabupaten ujung timur Jawa tersebut sementara dipegang Pelaksana harian (Plh) Bupati yang juga Sekretaris Kabupaten Mujiono.

Serah terima jabatan (sertijab) digelar di Pendopo Saba Swagata Blambangan. Dua periode menjabat, Bupati Anas mengaku menghadapi tantangan yang kuat dalam membangun Banyuwangi. Menurut dia, tak mudah meyakinkan masyarakat dengan program yang diyakininya baik. Meski begitu, pihaknya memberikan apresiasi kepada masyarakat. Sehingga, pihaknya bisa menyelesaikan tugas sebagai Bupati dengan normal dan baik hingga akhir jabatan.

“Kami menyadari masih ada kekurangan selama memimpin. Saya banyak kesalahan, mohon maaf. Tentu ada program yang belum berjalan, mungkin karena SDM atau anggaran. Ke depan harus bisa dilanjutkan program yang sudah baik,” kata Bupati Anas, usai sertijab.

Anas berpesan budaya kerja di Pemkab yang sudah ada bisa dilanjutkan. Menurutnya, jika budaya kerja dengan standar tinggi bisa dipertahankan, tentunya bisa menghadapi tantangan ke depan yang akan lebih berat.

“Bupati yang akan datang akan melakukan 9 prioritas inovasi dalam program 100 hari. Semoga ini akan berjalan baik,” tegasnya. Anas juga berterima kasih ke Presiden Jokowi dan Gubernur Jatim terkait dukungan program.

Termasuk, wakil Bupati Yusuf Widiatmoko yang selalu bermitra dalam menjalankan kepemimpinan di Banyuwangi. Kemana setelah purna tugas? Anas mengaku masih akan menyelesaikan tugasnya sebagai Ketua Asosiasi Kepala Daerah Seluruh Indonesia (Apkasi) yang akan menggelar Munas, Maret 2021.

Selain itu, kata Anas, sudah ada beberapa kepala daerah yang mengajaknya berdiskusi untuk pengembangan daerah. “Nanti, akan kita kabari untuk kegiatan selanjutnya,” pungkas Anas.

Bupati Anas, terpilih menjadi Bupati Banyuwangi mulai tahun 2010 melalui PDIP dan PKB. Selama menjabat, Anas sukses membawa Banyuwangi menjadi kabupaten terinovatif nasional. Salah satunya membawa Banyuwangi dikenal di kancah nasional dalam bidang pariwisata dengan inovasi Banyuwangi Festival.

Sementara itu, Plh. Bupati Banyuwangi Mujiono menegaskan akan melanjutkan program Bupati Anas yang sudah berjalan baik. Pihaknya juga akan melakukan sejumlah program jangka pendek. Salah satunya, penataan kota dan tempat-tempat publik.

Sehingga, kondisi kota Banyuwangi akan tetap terjaga sebagai kawasan pariwisata. “Kami juga akan optimalkan mengawal PPKM mikro tingkat desa hingga RT,” tegasnya. (wir)