Surabaya, (bisnissurabaya.com) – Dalam merayakan tahun baru China atau Imlek, tak lengkap rasanya jika tidak menghadirkan yu sheng yang merupakan sajian khas Imlek. Sajian yang terdiri dari potongan berbagai macam sayuran dan juga potongan ikan salmon ini merupakan menu yang wajib ada dalam perayaan imlek.

Dalam rangka merayakan tahun baru Imlek, sebuah hotel di kawasan Surabaya Timur menghadirkan berbagai menu khas Imlek. Menu ini, sengaja dihadirkan untuk memeriahkan tahun baru China yang jatuh pada Jumat (12/2) ini. Salah satu menu yang dihadirkan adalah yu sheng, merupakan salad perlambang keberuntungan yang berisikan aneka sayuran, buah, saus hingga ikan.

Uniknya, makanan ini harus diaduk bersama-sama dan diangkat tinggi-tinggi untuk memperbesar keberuntungan di tahun yang baru. Untuk menyantap menu tersebut, disertai ucapan dan doa tahap demi tahap. Dan dalam setiap tahapan akan dituang bumbu ataupun saus sebagai perwujudan dari doa yang diucapkan.

Selain yu sheng, bebek peking juga menu yang tidak boleh ketinggalan dalam perayaan hari jadi Imlek. Bebek peking utuh melambangkan kebahagiaan yang utuh dan tidak terpotong. Selain itu, juga ada mie goreng yang lambangkan rejeki yang tidak terputus. Dan sebagai menu penutup, terdapat koi pudding dessert yang melambangkan umur panjang. (husni/stv)