Gresik, (bisnissurabaya.com) – Gelombang besar menerjang wilayah Pesisir Utara Kabupaten Gresik beberapa hari ini viral di media sosial/medsos. Selain menghancurkan jalan dan tanggul, gelombang mirip tsunami ini, juga menerjang lapak jualan di tepi pantai. Bahkan, sempat membuat pengguna jalan yang melintas panik ketakutan.

Inilah gelombang besar mirip tsunami yang viral di medsos. Gelombang besar ini menerjang, di Pesisir Pantai Utara, Desa Ngemboh, Kecamatan Ujung Pangkah, Kabupaten Gresik Jawa Timur.
Dalam video amatir ini, suasana begitu mencekam. Gelombang besar terlihat menghantam tanggul pemecah gelombang dan merusak lapak jualan milik warga.

Gelombang besar juga sempat membuat pengguna jalan yang melintas panik ketakutan. Selain menghancurkan separuh jalan, sejauh 500 meter, terjangan gelombang besar ini, menghancurkan tanggul pemecah gelombang di tepi pantai desa setempat hingga menutupi separuh jalan.

Maskur / Nelayan Desa Ngemboh, Maskur, mengatakan, cuaca buruk disertai gelombang besar ini sudah berlangsung dua malam. Akibatnya, ratusan nelayan Desa Ngemboh berhenti melaut. Pasalnya, takut diterjang gelombang tinggi.

Sementara, Plt Camat Ujung Pangkah, Patah Jadi, mengatakan, ombak besar mengakibatkan kerusakan jalan dan tanggul pemecah gelombang cukup parah.
Ia berharap, Pemerintah Kabupaten/Pemkab Gresik, dalam hal ini Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang/ PUTR, segera turun ke lokasi dan memperbaiki.

Pasalnya, jika dibiarkan terlalu lama, diprediksi akan memutuskan jalur Kecamatan Ujung Pangkah menuju Kecamatan Panceng Kabupaten Gresik.

Meski kerusakan cukup parah akibat terjangan gelombang besar, namun, hingga Jumat (5/2) sore, tidak ada satu pun pihak Desa Ngemboh yang membersihkan bekas puing-puing kerusakan akibat terjangan gelombang tinggi. (bashoir/stv)