Banyuwangi, (bisnissurabaya.com) – Pimpinan DPD Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Banyuwangi periode 2020 2025 terjadi perubahan. Jabatan Ketua DPD PKS Banyuwangi kembali diamanahkan ke Faizol Aziz. Sebelumnya, dalam Musda V DPD PKS Banyuwangi, 28 Desember 2020, jabatan ketua dipercayakan ke Agus Imam Santoso. Perubahan ini menyusul turunnya SK hasil revisi dari DPP PKS.

Tak hanya posisi ketua, perubahan juga menyasar posisi sekretaris. Sebelumnya, posisi ini ditempati Faizol Aziz. Hasil revisi, posisi ini ditempati Herry Setiawan, sebelumnya menduduki posisi Ketua Dewan Etik Daerah . Sementara, posisi Bendahara tetap dipercayakan kepada Neni Viantin Diyah Martiva (anggota DPRD Banyuwangi).

Setelah batal menjadi Ketua DPD PKS, Agus Imam Santoso dipercaya menduduki posisi Ketua Bidang Kaderisasi. Sebelumnya, posisi ini ditempati Sapto Lasongko. Sementara, Sapto Lasongko dipercaya menjabat Sekretaris Dewan Etik Daerah. Sebelumnya, Abdul Halim menempati posisi Sekretaris Majelis Pertimbangan Daerah. Posisi Ketua Majelis Pertimbangan Daerah tetap dipegang Hariyanto. Revisi ini adalah hal biasa.

“Memang setelah Musda lalu, DPP memberikan sinyal ada perubahan struktur. Ternyata SK turun, Rabu (3/2) pagi dan terjadi revisi,” kata Faizol Aziz di kantor DPD PKS Banyuwangi, Kamis (4/2) siang. Pria ini menjelaskan SK revisi tersebut diteken langsung Ketua DPP PKS Ahmad Syaiku dan Sekjen Aboe Bakar Alhabsyi, tertanggal 20 Januari 2021. Menurutnya, perubahan SK ini murni dari DPP. Dan, tidak ada persoalan apapun. “Jadi, ini murni dari DPP. Tidak ada usulan dari daerah,” tegasnya. Terkait putusan ini, pihaknya akan mematuhinya. “Kami hanya prajurit, ibarat busur panah. Di tempatkan pada posisi apapun, siap,” tegasnya.

Jabatan Ketua ini merupakan kali kedua dipercayakan ke Faizol Aziz. Sebelumnya, dia menjabat Ketua DPD periode 2015 2020. Kembali menahkodai DPD PKS, dia memastikan akan tetap melanjutkan target 7 kursi pada Pemilu 2024. Sesuai target pada Musda 2015, target 7 kursi. “Kita akan mulai membuka pendaftaran bakal Caleg dan menjaring anggota baru,” pungkasnya. Batal menjadi Ketua DPD, Agus Imam Santoso, memastikan akan patuh dengan putusan DPP. Dia menjamin struktur kepengurusan partai akan tetap solid, meski terjadi perubahan. “Saya hari ini hadir sebagai bukti kita tetap solid dan patuh pada amanat partai. Kami sebagai prajurit, di tempatkan dimanapun harus siap,” tegasnya. (wir)