Surabaya, (bisnissurabaya.com) – Menyikapi banyaknya rumah sakit/RS yang penuh pasien covid-19, kementerian kesehatan akan menambah ketersediaan bed. Penambahan bed perawatan pasien covid ini disesuaikan dengan zona penularan di daerah tersebut. Selain itu, penambahan tenaga kesehatan baru juga akan dilakukan kementerian kesehatan.

Di sejumlah daerah di Indonesia, banyak RS yang penuh pasien covid-19. Banyaknya RS yang penuh ini, dikarenakan jumlah orang yang terpapar covid-19, semakin meningkat. Guna mengantisipasi lonjakan pasien covid-19, kemeterian kesehatan, akan menyiapkan bed tambahan pada RS yang penuh itu.

Penambahan bed ini menyesuaikan kondisi atau zona resiko penularan daerah tersebut. Untuk zona merah, penambahan bed mencapai 40 persen dan ruang ICU lima sampai sepuluh persen. Zona kuning penambahan kapasitas bed 30 persen dan untuk zona hijau penambahan bed 15 persen.

‘’Penambahan bed ini juga akan dibarengi dengan penambahan tenaga kesehatan/nakes baru,” kata Wakil Menteri Kesehatan RI, Dante Saksono Harbuwono, di Surabaya Selasa (2/2).

Selain menambah kapasitas bed perawatan, RS Darurat dan RS Lapangan, juga bisa untuk mengantisipasi rumah sakit yang telah penuh. Kementerian Kesehatan memastikan RS bisa memberikan pelayanan maksimal kepada pasien covid-19,” ujarnya. (stady/stv)