Hebat…., Pesantren dapat Program Afirmasi

6

Surabaya, (bisnissurabaya.com) – Terkait rencana afirmasi pondok pesantren yang digaungkan melalui kementerian agama, sejumlah pondok pesantren di Surabaya mendukung dan mengapresiasi langkah baik tersebut. Mengingat masih banyaknya pesantren yang belum tersentuh oleh pemerintah. Baik sarana prasana dan biaya operasional pesantren.

Adanya rencana dari kementerian agama terkait dengan afirmasi atau penguatan dan pengembangan dunia pesantren, sejumlah pondok pesantren di surabaya mendukung dan mengapresiasi langkah tersebut.

Terkait afirmasi itu, Pengurus Harian Pondok Pesantren Nurul Huda, M Mundzir, mengatakan, afirmasi pesantren tersebut tidak bisa dipukul rata, karena pesantren di seluruh Indonesia memiliki kultur dan sistem yang berbeda. Sehingga rencana afirmasi pesantren harus direncanakan sebaik mungkin.

Menurutnya penguatan pesantren itu harus sesuai dengan proporsi, terlebih sistem pendidikan di pesantren dengan rol mode salafiyah atau pesantren yang hanya mengajarkan kitab-kitab salaf yang harus diakui oleh negara.

Dengan melihat kebutuhan pesantren di Indonesia, diharapkan dengan adanya afirmasi ini sesuai dengan harapan pesantren yang saat ini sangat dibutuhkan. Diantaranya, berkaitan dengan sarana prasarana dan juga biaya operasional pesantren dalam menghadapi masa pandemi Covid-19. (agung/stv)