Surabaya, (bisnissurabaya.com) – Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat/PPKM jilid dua mulai diberlakukan 26 Januari hingga 8 Februari mendatang. Selain memperketat razia protokol kesehatan, Pemkot Surabaya juga akan melakukan menutupan 2 jalan protokol yang biasa menjadi tempat nongkrongnya anak muda setiap menjelang akhir pekan.

Bahkan, Pemkot Surabaya mewacanakan membuat dapur umum di kampung-kampung tangguh untuk mengantisipasi jika  ada dampak PPKM jilid dua di masyarakat. Terkait perpanjangan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat atau PPKM, yang diperpanjang oleh pemerintah pusat mulai 26 Januari  hingga 8 Februari mendatang, Plt Wali Kota Surabaya, Whisnu Sakti Buana, mengaku, siap melaksanakannya.

Pada prinsipnya menerapkan perwali no 68 tahun 2020 dan perubahannya Perwali no 2 tahun 2021, meski Pemkot Surabaya belum menerima surat resmi dari pemerintah pusat. Wisnu, menjelaskan, selain pelaksanaan PPKM, pihaknya sedang mengkaji dampak PPKM terhadap masyarakat, apakah berdampak pada pendapatannya.

Karena itu, Pemkot Surabaya sedang mewacanakan akan membuat dapur umum di kampung-kampung tangguh. Hal ini masih dalam pembahasan anggaran, karena sampai saat ini Pemkot Surabaya masih menggunakan seperduabelas anggaran.

Selain itu, Pemkot Surabaya bersama instansi terkait gencar melakukan razia penerapan protokol kesehatan di berbagai tempat. Berdasarkan hasil sementara evaluasi pelaksanaan PPK. Jilid pertama, wisnu, menjelaskan, masih banyak masyarakat yang nongkrong atau berkumpul di berbagai tempat tanpa menerapkan protokol kesehatan.

Karena itu, pada setiap akhir pekan, pemerintah kota Surabaya akan melakukan penutupan dua jalan protokol. Yakni, Jalan Raya Darmo dan Tunjungan. Karena, di kedua ruas jalan ini menjadi tempat berkumpulnya anak muda.

Penutupan ini akan dilakukan menjelang akhir pekan atau setiap hari Jumat dan Sabtu dimulai pukul 20.00 WIB hingga pukul 08.00 WIB. Penutupan ini dirasa efektif berdasarkan, hasil  evaluasi saat pengamanan malam tahun baru kemarin. Seperti diketahui, PPKM berakhir 25 Januari kemarin dan diperpanjang mulai 26 Januari hingga 8 Februari mendatang. (stady/stv)