Surabaya, (bisnissurabaya.com) – Dalam rangka peringatan bulan k-3 nasional tahun 2021, Pelindo III menyelenggarakan, kegiatan donor plasma konvalesen yang diikuti oleh ratusan peserta. Kegiatan ini sekaligus sebagai upaya mendukung pemerintah, untuk menekan angka penyebaran covid-19.

Memperingati bulan kesehatan dan keselamatan kerja atau KKK di tahun 2021, Pelindo III menyelenggarakan, kegiatan donor plasma konvalesen untuk kedua kalinya. Sebelumnya, pada Desember 2020 lalu, kegiatan donor plasma konvalesen hanya diikuti kalangan internal. Namun, saat ini aksi tersebut dibuka untuk umum dan diikuti 250 peserta. Mengambil lokasi di Terminal Penumpang Gapura Surya Nusantara, Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, donor plasma darah yang diberikan oleh para penyintas covid-19 ini, diharapkan, dapat membantu para penderita covid-19, yang masuk dalam kategori berat agar kembali pulih dan selamat.

Direktur SDM Pelindo III, Edi Priyanto, mengatakan, peserta donor konvalesen ini akan melalui beberapa tahap, sebelum dilakukan pengambilan plasma. Bagi para penyintas, harus melalui serangkaian uji screening.diantaranya, tahap administrasi dari pihak PMI Surabaya, yang melibatkan dokter dan tenaga kesehatan. Nantinya, jika hasil uji screening lolos, para penyintas covid-19 ini, akan melalui proses pengambilan plasma konvalesen di kantor PMI Surabaya. Banyak dari para penyintas mengapresiasi kegiatan dari Pelindo III yang menjadi salah satu jawaban di tengah meningkatnya kasus pandemi covid-19 saat ini. Beberapa diantara mereka berharap dengan donor plasma yang dilakukan dapat menjadi harapan baru bagi para pejuang covid-19. Selain donor plasma konvalesen, pihak Pelindo III juga menyelenggarakan kegiatan donor darah yang diikuti lebih dari 150 peserta serta lomba video guna memeriahkan peringatan bulan KKK Nasional. (farid/stv)