Sidoarjo, (bisnissurabaya.com) – Pj Bupati Sidoarjo, Dr H Hudiyono, M.Si menebar benih ikan di sungai kecil barat Pendopo Delta Wibawa, Jumat (22/1) pagi. Ratusan ikan hias tersebut ditebar agar bisa dinikmati warga dan untuk memancing gratis.

Namun, Cak Hud, sapaan karib Pj Bupati Sidoarjo itu berpesan, agar warga boleh memancing gratis, namun syaratnya, harus menjaga kebersihan sungai.

Bila ada daun atau sampah di sungai yang baru saja ditebar ratusan ikan itu pemancing harus bersedia mengambilnya.
“Silahkan digunakan memancing gratis oleh warga. Namun, syaratnya harus mau mengambil sampah di sungai. Hal ini untuk memberikan edukasi kepada warga agar menjaga sungai yang bersih dari sampah,” tegas Cak Hud.

Ia berterimakasih kepada Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sidoarjo, Ir HM Bahcruni Aryawan, MM yang telah antusias mengerjakan dan membersihkan saluran air di timur kantornya untuk ditebari ratusan ikan hanya dalam waktu seminggu. “Ini sebagai percontohan untuk mengelola sungai yang bersih dan bermanfaat untuk wahana kolam pancing,” ujarnya.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sidoarjo, Ir HM Bahcruni Aryawan, MM, akan terus menjaga sungai tersebut dan merawatnya agar air tetap stabil dimusim kemarau dengan menggunakan pompa air. Ia juga akan berkomitmen untuk mengembangkan pemeliharaan sungai di wilayah Sidoarjo untuk ditebari ikan. (rin)