Surabaya, (bisnissurabaya.com) – Pelaksana tugas/Plt Wali Kota Surabaya, Whisnu Sakti Bhuana, memastikan, Surabaya siap melakukan vaksinasi Covid-19. Rencananya, vaksinasi ini akan digelar secara simbolis di Halaman Taman Surya Balai Kota Surabaya, Jumat (15/1) besok.

Penegasan ini dikemukakan Plt Wali Kota Surabaya, Whisnu Sakti Bhuana, saat mengikuti rapat persiapan vaksinasi Covid-19 bersama Pemerintah Provinsi Jawa Timur/Jatim secara virtual dari ruang sidang Wali Kota Surabaya.

Ia menjelaskan, semua sudah dilakukan mulai dari tenaga vaksinator hingga menyiapkan Cold room yang diletakkan di gudang farmasi milik Dinkes Surabaya, Jalan Kalirungkut. Dia menjelaskan, sudah menyiapkan Cold room yang baru di lokasi yang sama.

Tidak hanya itu, untuk kapasitasnya dipastikan lebih besar mencapai 50.000. Whisnu berharap, dalam minggu ini Cold room yang baru sudah dapat digunakan. Untuk jumlah vaksin, Pemerintah Kota/Pemkot Surabaya menerima 33.420 vial.

Dari angka tersebut, akan diprioritaskan kepada tenaga kesehatan dengan jumlah 33.027 orang. Ia memaparkan, jumlah fasilitas pelayanan kesehatan yang disediakan pemkot, sebanyak 109. Dari 109 fas yankes itu, terdiri dari 63 puskesmas dan 46 rumah sakit yang telah dipastikan memenuhi syarat sebagai pos vaksinasi Covid-19.

Sementara itu, Kadis Kesehatan Kota Surabaya, Febria Rachmanita, menambahkan, secara teknis pelaksanaan vaksinasi di Taman Surya akan disiapkan empat meja. Nantinya, peserta vaksin akan satu per satu mendatangi setiap meja untuk prosesi skrining.

Febria, memastikan dari 109 Fasyankes ini sudah menyiapkan vaksinator berjumlah 839 orang. Sehingga, dalam pelaksanaan vaksinasi berjalan lancar dan sesuai harapan. Rabu (13/1) kemarin dilakukan pengambilan vaksin dari Dinkes Provinsi Jatim dan akan diletakkan di gudang farmasi Dinkes Surabaya. (stady/stv)