Banyuwangi, (bisnissurabaya.com) – Satuan Tugas/Satgas Covid-19 Kabupaten Banyuwangi, menyiapkan nama-nama penerima perdana vaksin Covid.  Ada 14 nama yang diusulkan ke bupati. Dari jumlah ini, diantaranya jajaran Forum Komunikasi Pimpinan  Daerah (Forkopimda).

Juru bicara Satgas Covid-19 Banyuwangi, dr Widji Lestariono mengatakan menyambut kedatangan vaksin Covid, pihaknya sudah menyiapkan sejumlah persiapan. Selain tenaga kesehatan (nakes) yang akan mendapatkan vaksin, pihaknya menyiapkan gudang penampung vaksin. Rencananya, ada 6.080 vaksin yang akan didatangkan ke Banyuwangi.

“Untuk vaksinasi perdana, ada 14 nama yang kita usulkan ke Bupati. Yang utama adalah jajaran Forkopimda. Mulai Bupati, Kapolresta, Dandim, Danlanal dan seterusnya,” katanya, Kamis (14/1) siang.

Kepala Dinas/Kadis Kesehatan Banyuwangi ini menjelaskan dari 14 nama yang disodorkan, nantinya akan diputuskan oleh Bupati. Sebab, keputusan akhir berada di tangan Bupati. Selain Forkopimda, pihaknya mengusulkan nama-nama lain. Seperti, Kepala Dinas Kesehatan dan lainnya.

“Untuk yang ini sifatnya masih tentatif. Nanti Bupati yang akan memutuskan,” jelas pria yang akrab dipanggil Rio ini. Ia menambahkan, pihaknya  sudah melakukan verifikasi nakes penerima vaksin. Total nakes di Kabupaten Banyuwangi mencapai 6.349 orang.

Dari jumlah ini, jumlah nakes yang terverifikasi mencapai 93,9 persen. Sekitar 6.006 nakes.  Nakes yang menjadi sasaran, lanjut dia, berasal dari semua fasilitas kesehatan (faskes). Mulai, puskesmas, rumah sakit daerah dan swasta, klinik swasta hingga apotek.

Termasuk, sopir dan tenaga administrasi yang bekerja di faskes. “ Mereka juga termasuk orang-orang yang paling beresiko tertular virus, karena bekerja di lingkungan faskes,” pungkasnya. (wir)