Surabaya, (bisnissurabaya.com) – Dinas Kesehatan/Dinkes Jawa Timur/Jatim mulai mendistribusikan vaksin Covid-19 ke tiga daerah di Surabaya Raya. Yakni, Surabaya, Sidoarjo dan Gresik. Hal ini setelah Badan Pengawas Obat dan Makanan/BPOM mengeluarkan izin penggunaan darurat, dan juga Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang telah mengeluarkan fatwa, bahwa vaksin SINOVAC halal dan aman.

“Jadi, sesuai arahan gubernur, pada saat rapat dengan Plt Wali Kota Surabaya, Pj Bupati Sidoarjo dan Bupati Gresik, vaksin akan kami distribusikan hari ini,” kata Sekretaris Dinkes Jatim, Hertanto, di Surabaya Rabu (13/1) kemarin.

Dia menyebutkan, alokasi dan distribusi vaksin Covid-19 Tahap I Januari untuk 3 Kab/Kota (diambil dari alokasi Dinkes Jatim sebanyak 77.760 single dose). Dengan rincian Surabaya didistribusikan sebanyak 15.000 dosis, dari alokasi 33.420 dosis. Kabupaten Sidoarjo didistribusikan 4.000 dosis dari alokasi 8.720 dosis dan Gresik didistribusikan 3.000 dosis, dari alokasi 5.920 dosis. Sisanya akan segera dikirimkan, menyesuaikan kondisi penyimpanan vaksin (cool storage) yang ada di tiga daerah tersebut.

“Jumlah vaksin yang didistribusikan ke tiga daerah tersebut dengan mempertimbangkan kemampuan tempat penyimpanan vaksin (cool storage) yang ada di masing-masing daerah,” kata Hertanto. Untuk menjaga keamanan dalam pendistribusian dan kesuksesan dalam proses vaksinasi, Pemprov Jatim didukung penuh oleh pihak TNI – Polri. (bw)