Surabaya, (bisnissurabaya.com) – Kampung Tangguh Semeru di Jawa Timur segera dihidupkan kembali. Hal itu karena kenaikan covid-19 mulai masif. Karena itu, Forkopimda Jatim, Sekretaris Daerah (Sekda) bersama Danrem dan Kapolda Irjen Pol Dr Nico Afinta, didampingi Pejabat Utama (PJU) Polda Jatim serta Kabid Humas Kombes Pol Gatot Repli Handoko, Jum’at (8/1) sore melakukan pengecekan ke Kampung Tangguh Wonorejo, Kecamatan Tegalsari, Surabaya.

Saat tiba di lokasi Kapolda Jatim, berbincang dengan Satgas Covid-19 atau relawan, terkait dengan kesiapan atau kebutuhan kampung tangguh semeru. Menurut Nico Afinta, program pengendalian Covid-19 di setiap kampung tangguh akan diisi oleh jajaran pemerintah, TNI dan polri.

Kampung tangguh ini berperan aktif untuk mengendalikan warga yang terkonfirmasi covid-19. Selain itu, jika ada warga yang terkonfirmasi covid-19 bisa dengan cepat diinformasikan.

Nantinya, kata dia, jajaran pemerintah, TNI dan polri akan menyiapkan rumah sakit untuk isolasi serta tempat untuk karantina.
“Kampung tangguh ini akan kembali dihidupkan di seluruh daerah di Jatim. Kampung tangguh sendiri bisa memutus mata rantai penyebaran covid-19,” kata Kapolda Jatim, Irjen Nico Afinta.

Selain itu, menurut dia, kampung tangguh nantinya akan diisi oleh pemerintah, TNI dan polri serta satgas covid-19. Sehingga, jika ada warga yang terkonfirmasi positif covid-19 bisa segera diinformasikan.

Ia menghimbau, kepada masyarakat di seluruh Jatim, untuk patuh kepada protokol kesehatan/Prokes. Sehingga bersama-sama pemerintah memutus penyebaran covid-19 dan tetap terapkan (3M) Mencuci Tangan, Memakai Masker dan Menjaga Jarak. (feri)