Surabaya, (bisnissurabaya.com) – Pembatasan Sosial Berskala Besar/PSBB Jaw-Bali segera diberlakukan. Karena itu, Kepolisian Daerah/Polda Jawa Timur/Jatim melakukan koordinasi dengan Pemerintah Provinsi setempat, Kodam V/Brawijaya dan Satgas Covid-19 terkait pemberlakuan PSBB di beberapa daerah di Pulau Jawa dan Bali yang akan diberlakukan mulai 11-25 Januari ini.

“Kami akan menindaklanjuti kebijakan pemerintah, terkait pelaksanaan PSBB selama dua pekan nanti,” kata Kapolda Jatim, Irjen Pol Nico Afinta, di Surabaya, Kamis (7/1).

Kapolda mengungkapkan, pihaknya akan menggelar rapat pada Jumat (8/1) untuk membahas teknis pelaksanaan PSBB Jawa-Bali tersebut.

“Selain itu, kami juga melaksanakan tes secara berkala kepada anggota sebagai bagian pencegahan penyebaran Covid-19 secara dini,” ujar jenderal polisi bintang dua tersebut.

Pada rapat tersebut, kata dia, pihaknya juga akan membahas pengamanan dan pendistribusian vaksin Covid-19 yang saat ini telah tiba di Dinas Kesehatan Jatim.

Jenderal asal Surabaya ini mengungkapkan, pihaknya telah melakukan pengamanan pendistribusian vaksin hingga tiba di Dinkes Jatim.

Untuk selanjutnya, Polda Jatim akan menunggu pengumuman dari Pemerintah Pusat soal pendistribusian vaksin ke kabupaten dan kota yang ada di wilayah setempat.

“Akan ada pengumuman dari pusat terkait pendistribusiannya. Saya dan Polda Jatim akan selalu mendukung kebijakan pemerintah dalam memerangi covid. Sinergitas menjadi penting,” tuturnya.
Pada kesempatan itu Irjen Nico, meminta masyarakat untuk tetap taat menjalankan protokol kesehatan demi mencegah covid-19 semakin meluas. “Saya minta masyarakat tetap mengikuti aturan arahan kita bisa menghadapi Covid-19 secara bersama,” katanya. (bw)