Banyuwangi, (bisnissurabaya.com)Jelang vaksinasi Covid massal, Pemerintah Kabupaten/Pemkab Banyuwangi melakukan persiapan. Salah satunya, memastikan setiap Puskesmas menyiapkan sarana dan prasarana yang dibutuhkan. Termasuk, tenaga vaksin atau vaksinator. Rencananya, sebanyak 225 vaksinator akan disiapkan.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas menjelaskan pihaknya menyiapkan yang terbaik dalam mendukung vaksinasi Covid-19. Hal paling penting, kata Bupati, setiap Puskesmas siap melakukan vaksinasi dengan peralatan yang mendukung.

“Saya kira, semua Puskesmas sudah menyiapkan ini dengan baik. Terima kasih para tenaga kesehatan. Alur pelaksanaan, hingga alat-alat penyimpan juga sudah tersedia. Jadi, sewaktu-waktu instruksi pelaksanaan vaksin dari pusat turun, kita sudah siap semua,” kata Bupati Anas, Rabu (6/1) siang.

Bupati berharap vaksinasi Covid di Banyuwangi bisa berjalan lancar. Dan, hasilnya sesuai harapan. “Semoga lewat program ini tenaga kesehatan yang selama ini menjadi benteng pertahanan melawan covid bisa lebih terlindungi. Kita semua berdoa agar vaksinasi ini akan sukses,“ pungkas Anas.

Sebanyak 6.006 nakes   di Kabupaten Banyuwangi akan mendapatkan prioritas pertama pemberian vaksin Covid. Jumlah ini hasil verifikasi dari total nakes di kabupaten ini yang mencapai 6.349 orang. Dari jumlah ini, jumlah nakes yang terverifikasi mencapai 93,9 persen. Nakes yang menjadi sasaran, berasal dari semua nakes yang bekerja di fasilitas kesehatan (faskes). Mulai, puskesmas, rumah sakit daerah dan swasta, klinik swasta hingga apotek. Termasuk, sopir dan tenaga administrasi yang bekerja di faskes. (wir)